Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar

Febiyanti Hasan, Sarson W.Dj. Pomalato, Hamzah B Uno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan menggunakan rancangan faktorial  dilaksanakan pada siswa SMP kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada peserta didik yang dibelajarkan dengan pendekatan RME, hasil belajar matematika peserta didik yang memiliki motivasi belajar intrinsik lebih tinggi dari peserta didik yang memiliki motivasi belajar ekstrinsik. Selain itu terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran RME dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Hal ini menunjukan bahwa Pendekatan RME cocok di belajarkan pada peserta didik yang memiliki motivasi belajar intrinsik.

Keywords


Realistic Mathematic Education; Hasil Belajar; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


I. Lestari, “Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Form., vol. 3, no. 2, pp. 115–125, 2015.

S. Hadi, Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

R. Ananda, “Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 125–133, 2018.

E. E. Rohaeti, H. Hendriana, and U. Sumarmo, Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama, 2019.

N. A. Yunus, E. Hulukati, and I. Djakaria, “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik,” Jambura J. Math., vol. 2, no. 1, pp. 30–38, 2020.

C. Magelo, E. Hulukati, and I. Djakaria, “Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar,” Jambura J. Math., vol. 2, no. 1, pp. 15–21, 2020.

S. Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Y. F. Sukri and D. B. Widjajanti, “Pengaruh Pendekatan RME terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif,” J. Prima Edukasia, vol. 3, no. 2, p. 227, May 2015.

O. Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

M. U. Usman, Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

N. Abbas, “Bahan Ajar Statistik Penelitian,” Gorontalo, 2012.




DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:


                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION

 Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96554, Indonesia
 Email: matematika@ung.ac.id
 +6285255745923 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.

slot online slot gacor slot