ANALISIS RANTAI PEMASARAN KOMODITAS CENGKEH DI KECAMATAN BILUHU KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pemasaran komoditi cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. (2) Menganalisis nilai margin yang diterima oleh petani pada rantai pemasaran komoditi cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif deskriptif. Populasi sebanyak 43 orang yang kemudian dengan metode sampel jenuh diperoleh sampel sebanyak 41 orang petani, 2 orang pedagang pengumpul dan 1 orang pedagang besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan margin pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pemasaran cengkeh oleh petani cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo dilakukan dengan cara pemasaran langsung kepada pedagang besar dan pemasaran tidak langsung melalui pedagang pengumpul. Pemasaran pada pedagang besar memperoleh harga yang tinggi namun adanya potongan kadar air yang membuat keuntungan pemasaran cengkeh petani kurang maksimal. (2) Marjin pemasaran yang diterima oleh petani dengan pemasaran langsung sebesar 30,14% namun karena adanya potongan kadar air 6% maka petani mengalami penurunan margin pemasaran sebesar 24,29%. Sementara untuk margin pemasaran secara tidak langsung sebesar 23,93% yang artinya selisih margin pemasaran sebesar 0,36% yang terhitung sangatlah kecil nilai perbedaannya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amelia, Siti Meiska; Ali Ibrahim Hasyim, Suryati Situmorang.2019. Efisiensi Sistem Pemasaran Cengkeh (Syzygium aromaticum) di Kabupaten Pesisir Barat.Jurnal JIIA, Volume 7 No. 2
Arsyad dkk. 2016. Agribisnis; Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Grafindo Persada.
Djumahir, Hadiwidjojo dan Solimun, 2012.Kapabilitas pemasaran Sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Menengah di Sulawesi
Tenggara).Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol.10, No.3 September 2012. ISSN: 1693-5241
Farris, Paul W. 2009. Metrik Pemasaran: 50+Metrik Yang Harus Dipahami Eksekutif. Jakarta: Penerbit Akademia
Ferdinand, Augusty. 2013. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartono, Hendry, dkk. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Jurusan Manajemen. Universitas Bina Nusantara. Jakarta Barat.Jurnal Maketing
Hasan, A. 2010.Marketing Bank Syariah. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu.Erlangga : Jakarta.
Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1.Erlangga : Jakarta.
Malhotra, N.K. 2014.Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan. Edisi Bahasa Indonesia,. Jakarta: Penerbit PT. Indeks
Menon, Anil; Bharadwaj, G. Sundar; Howell, Roy. 2014. “The Quality and Effectiveness of Marketing Strategy: Effects of Functional and Disfunctional Conflict in Intraorganizational Relationship”. Journal of The Academy of Marketing Science.Vol. 24, No. 4, p. 299 -313.
Mulyani, Ida Tri. 2015. Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Naufal, Arie; Azhar dan Agus Nugroho.2018. Analisis Sistem Pemasaran Cengkeh (Syzygium Aromaticum) di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Volume 3, Nomor 4
Nur, Muh. Ilyas; Ida Rosada dan Muhammad Salim. 2018. Analisis Sistem Pemasaran Cengkeh (Studi Kasus di Desa Pattallassang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng). Jurnal WIRATANI VOL.1 NO.2
Nuryanti, 2015.Sejarah dan Manfaat Cengkeh.
Surabaya: Penerbit BBPPTP
Putranto, Samtim Eko, 2013, Studi Mengenai Orientasi Strategi dan Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. II, No 1, Hal 93-110
Rasyidi, Muhammad Fakhri. 2015. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada UMKM Keripik Buah Di Wilayah Malang Raya). Jurnal Manajemen Bisnis Vol 4, No 2 : Semester Genap 2015
Riani, Siswandari dan Lestari, 2015.Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan
dan Kompetensi Aspek Pengetahuan dan Keterampilan Terhadap Kinerja Pemasaran di Pengrajin Pande Besi Kabupaten Madiun.Jurnal Vol.1 No.2 2015
Saragih, Bungarai. 2014. Membangun Pertanian Perspektif Agribisnis.dalam. Pertanian Mandiri. Jakarta : Penerbit Penebar Swadaya.
Sjarkowi, F. dan M. Sufri.2004.Manajemen Agribisnis. Palembang: Penerbit CV. Baldal.
Suaib, Tamran; Yanti Saleh dan Amelia Murtisari.2018. Analisis Pemasaran Komoditas Cengkeh Di Desa Taludaa Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. Jurnal AGRINESIA Vol. 2 No. 2
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi. Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam.
Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Suwarto, dkk, 2014.Top 15 Tanaman Perkebunan. Jakarta: Penebar Swadaya.
Tambajong, Geraldy 2013, Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan SepedaMotor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado, Jurnal EMBA, Vol.1No.3 September 2013, Hal. 1291-1301
Thomas, A.N.S. 2017.Tanaman Obat Tradisional.Yogyakarta.Kanisus.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta.
Usi, Usmara. 2013. Pemikiran Kreatif Pemasaran.Yogyakarta : Amara Books.
Wona, Elisabeth; M. R. Pellokila dan Kudji Herewila.2019. Analisis Pemasaran Cengkeh (Syzigium aromaticum) di Desa Takatunga Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada.Jurnal Buletin Excellentia (p-ISSN:2301- 6019) Volume VIII No 1
DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v7i2.17965
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS