RANTAI PEMASARAN JAGUNG DI DESA LITO KECAMATAN PAGUYAMAN PANTAI KABUPATEN BOALEMO

Rustam Mahmud, Ria Indriani, Yuriko Boekoesoe

Abstract


Rustam Mahmud. Rantai Pemasaran Jagung Di Desa Lito Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Dibawah bimbingan Ria Indriani dan Yuriko Boekoesoe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Rantai Pemasaran Jagung Di Desa Lito Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lito Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo dari bulan April– Juni 2023 dengan jumlah sampel 15 orang petani, 2 pedagang pengumpul dan pedagang pengecer sebanyak 4 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis margin. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada 3 saluran pemasaran yang di lalui pemasaran Jagung oleh petani di lokasi penelitian, yaitu saluran pemasaran I : Petani – Konsumen, saluran pemasaran II : Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen dan saluran pemasaran III : Petani – Pedagang Pengecer – Konsumen. 2) Marjin yang tertinggi pada saluran pemasaran III sebesar Rp. 1,000,- sedangkan untuk total marjin sebesar Rp 1.500,- karena melibatkan pedagang pengecer dan pedagang pengumpul.

 


Keywords


Rantai Pemasaran, Analisis Margin, Jagung

Full Text:

PDF

References


Apri, Budianto, M.M. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisis Revisi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Assauri, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Boalemo. 2018. Produktivitas Jagung Kabupaten Boalemo 2018. (Angka Tetap)

Badan Pusat Statistik Kabupaten Boalemo. 2023. Produksi Jagung dan Luas Lahan 2020. (Angka Tetap).

Ginting, Paham. 2006. Pemasaran Produk Pertanian. Medan: USU Press

Hidayat, Lumbanraja., Utomo dan Pujisiswanto. 2017. Respon Tanaman Jagung (Zea mays L) Terhadap Sistem olah Tanah Pada Musim Tanam Ketiga di tanah Ultisol Gedung Meneng Bandar Lampung. Jurnal Agrotek Tropika. Vol. 6 No. 1 Hal. 1-7.

Husnidar. 2016. Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Kue Tradisional Khas Aceh Pada UD Meugah di Gampong Langung Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Skripsi. Program Studi Agribisnis Jususan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar Meulaboh Aceh Barat.

Kadir. 2018. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kotler, K. 2009. Manajemen Pemasaran1. Edisis Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Latuharhary dan Saputro. 2017. Respon Morfologi Tanaman Jagung (Zea mays) Varietas Bisma dan Srikandi Kuning Pada Kondisi Cekaman Salinitas Tinggi. Jurnal Sains dan Seni ITS. Vol. 6 No. 2.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Mandiri, Tim Agro. 2016. Hama Tanaman Palawijaya dan Pegendaliannya. Surakarta: Visi Mandiri.

Subandi. 2018. Ekonomi Pembangunan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cetakan ke Dua Puluh Empat. Bandung: Alfabeta.

Suprapto dan Marzuki. 2005. Botani Tanaman Jagung. Sumatra Utara: Universitas Sumatra Utara Press.

Swastha, B dan Handoko, H. 2008. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v0i0.25360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS