SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PERUSAHAAN DAERAH PUSAT PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN UTAMA DALAM KESEJAHTERAAN PETANI DI KABUPATEN PURBALINGGA

Sujanto Sujanto, Hendrik Johannes Nadapdap

Abstract


Penelitian dilakukan di Perusahaan Daerah Pusat Pengolahan Hasil Pertanian Utama di Purbalingga. Penelitian bertujuan: 1) Mengetahui Visi dan Misi dalam menjalankan usahanya. 2) Mengetahui program kerja yang dilaksanakan. 3) Mengetahui social entrepreneurship yang diterapkan dalam menjalankan program kerja. 4) Mengetahui manfaat program kerja bagi masyarakat petani. 5) Mengetahui kendala dan upaya yang dilakukan dalam menjalankan kegiatannya. Penelitian dilaksanakan bulan Oktober hingga November 2018. Metode penelitian adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa, visi dan misi yang dimiliki Perusahaan tidak melenceng dari realisasi bisnis yang dijalankan, diketahui juga tahapan Peusahaan dalam menjalankan bisnisnya yaitu usaha pengadaan, usaha pengolahan, usaha penyimpanan dan usaha pemasaran produk-produk hasil pertanian,dapat diketahui pula terdapat empat elemen dalam penerapan social entrepreneurship pada Perusahaan yaitu social value, civil society, innovation, serta economic activity, diketahui manfaat Perusahaan adalah kegiatan pemberian pelatihan kepada petani untuk membuat produk dari limbah hasil penggilingan padi, selain itu dengan tersedianya lantai jemur dan gudang penyimpanan padi yang dapat dinikmati secara gratis bagi petani, kemudian kendala yang dihadapi oleh Perusahan adalah sulitnya mendapat bahan baku, ketersediaan alat pertanian yang sangat terbatas, pola pikir dan perilaku generasi muda yang menjauhi bidang pertanian.

Keywords


kewirausahaan, pertanian, inovasi, kesejahteraan, program

References


Apriliani, Nur Alfiah. 2014. Sistem Pengendalian Intern Pada Yayasan Sosial Kristen Salib Putih. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Basu Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. (edisi kedua).

Cukier, Wendy, Susan Trenholm, dan Dale Carl, 2011. “Social Entrepreneurship: A Content Analysis”.Jurnal Inovasi dan Ketahanan.

Dirgantoro, Crown. 2012. Keunggulan bersaing melalui proses bisnis. Jakarta: PT. Grasindo.

Drayton Bill, 2006. Everyone a Changemaker, Social Entrepreunership‟s Ultimate Goal, Innovations. MIT Press.

Dees, Gregory, Ayse Guclu, J. dan Beth Battle Anderson, 2002. “The Process of Social Entrepreneurship: Creating Opportunities Worthy of Serious Pursuit”. Center for the Advancement of Social Entrepreneurship.

Hulgard. Lars, 2010. Discourses of Social Entrepreneurship-Variation of The Same Theme. EMES EuropeanResearch Network.

Hassel Nogi. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widia.

Moleong, L. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moeliono, M. Anton. 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Moulaert, F., MacCallum, D., Mehmood, A., dan Hamdouch, A. ,2013. The international handbook on social innovation. Collective action, social learning and transdisciplinary research. Cheltenham: Edgar Elgar.

Nurmawati. 2016. Pengaruh Budaya Perusahaan Terhadap Pencapaian Visi Misi PT. Pelabuhan Indonesia Iii (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang. Skripsi. Semarang: Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor AMNI.

Palesangi, Muliadi, 2012. “Pemuda Indonesia dan Kewirausahaan Sosial”. Prosiding Seminar Nasional CompetitiveAdvantage. Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum.

Saragih, Juli panglima. 2003. Desentralisasi Fiskal dan Keuangan daerah Dalam Otonimi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Serpinah, Marni. 2013. Kebermaknaan Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal

Pendidikan Penabur - No.20/Tahun ke-12/Juni 2013.

Samsudin, U. S. 1982. Dasar-Dasar Penyuluhan dan Modernisasi Pertanian. Bandung: Bina Cipta.

Sledzik, Karol, 2013. “Schumpeter‟s View on Innovation and Entrepreneurship”. Jurnal Penelitian Hubungan Ilmu Sosial.

Saiman, Marwoto, 2011. “Inovasi Metode Pembelajaran Sejarah”. JurnalIlmu-Ilmu Sejarah, Budaya dan Sosial.

Sari, Lia Eka. 2014. Sistem Kerja Kontrak dan Dampaknya TerhadapKesejahteraan Buruh (Studi Kasus Pada PT. Tirtamas Lestari Temanggung).Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utomo, Hardi, 2014. “Menumbuhkan Minat Kewairausahaan Sosial”. JurnalIlmiah Among Makarti. Vol 7 No 14 Desember 2014.

Widiastusy, Ratna dan Meily Margaretha, 2011. “Socio Entrepreneurship: Tinjauan Teori dan Perannya Bagi Masyarakat”. Jurnal Manajemen Universitas Kristen Maranatha.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v4i2.9785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS