PENGARUH BUDAYA LITERASI DIGITAL TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP DAN KARAKTER MASYARAKAT DALAM PEMBATASAN SOSIAL AKIBAT PANDEMI COVID-19

Muslimin Muslimin, Rahmatan Idul

Abstract


Budaya literasi digital dapat menjadi pedoman bagi masyarakat dalam mengembangkan daya imajinasinnya, sehingga muncul karakter yang dapat mengarahkan pada zona kritis, kreatif, dan fokus untuk melakukan tindakan untuk menghindari sebuah masalah. Akhir-akhir ini negeri kita dilanda musibah berupa wabah virus Covid-19 yang mengharuskan interaksi sesama manusia harus dibatasi apabila ingin mencegah penyebaran virus tersebut. Banyaknya informasi yang tidak terpercaya menyebar di kalangan masyarakat akibat dari pengaruh industri digital sehingga menimbulkan kepanikan. Berkaitan dengan hal dimaksud, berikut ini dikemukakan beberapa pertanyaan, yaitu: (1) Bagaimana sikap dan karakter mahasiswa terhadap pembatasan sosial akibat pandemi covid-19? (2) Bagaimaan membentuk sikap dan karakter mahasiswa agar terhindar wabah covid-19 melalui literasi digital? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis yang bertujuan untuk menggambarkan penggunaan berbagai data historis sebagai bahan perbandingan. Atau dengan kata lain, analitik digunakan untuk agregasi data dan penggalian data terkait dengan wawasan masa lalu dan menjawab akan yang terjadi?. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei (observasi, dokumentasi, dan menyebarkan angket secara online). Pengukuran tingkat literasi digital berdasarkan skala licert 1-5 yang hasilnya ditafsirkan menjadi sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Sikap dan karakter mahasiswa terhadap pembatasan sosial akibat pandemi covid-19 menunjukkan sikap positif, karena mereka menyadari bahwa pandemi ini berbahaya terhadap diri sendiri maupun orang lain. Umumnya mahasiswa berupaya menghindari melakukan interaksi langsung dengan orang. (2) Pembentukan sikap dan karakter mahasiswa agar terhindar wabah covid-19 melalui literasi digital. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa lebih banyak menggunakan aplikasi digital untuk memperoleh informasi yang bermanfaat termasuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Para dosen juga selalu mengingatkan mahasiswa saat perkuliahan online untuk menjaga diri agar terhindar dari wabah covid-19.

Keywords


budaya, karakter, literasi, covid-19, gorontalo

Full Text:

PDF

References


Kiswondari. (2020). 69 Persen Masyarakat Indonesia Alami Masalah Psikologi Selama Pandemi Covid-19; https://nasional.okezone.com/read/2020/07/29/337/2253849/69-persen-masyarakat-indonesia-alami-masalah-psikologi-selama-pandemi-covid-19

Mardiana, Riana. (2017). Literasi digital bagi generasi digital natives. https://www.researchgate.net/profile/Riana_Mardina/publication/326972240_Literasi_Digital_bagi_Generasi_Digital_Natives/links/5b6e6581299bf14c6d98ddab/Literasi-Digital-bagi-Generasi-Digital-Natives.pdf (Unduh 23 Agustus 2020).

Martin, A. (2009). Digital Literacy fot the Third Age: Sustaining Identity in an Uncertain World. Retrieved from http://www.elearningpapers.eu

Pratiwi, Nani and Nola Pritanova. (2017). Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja‟, Semantik 6, No. 1 (1 February 2017): 11–24, https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1.p11-24.

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Salatiga: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unesco. (2005). Education for All: Literacy for Life. Retrieved from http://www.uis.unesco.org/Library/Documents/gmr06-en.pdf.

Yuliati, Yuyu., (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas (3) 2, 21-28




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v10i3.10540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: