Analisis Interferensi Morfologi Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia dalam Film “Sepatu Dahlan” Karya Benni Setiawan

Muhdie Amir Karim, Tita Febryta

Abstract


ABSTRAK

Interferensi bahasa adalah ruang lingkup kajian yang dijelaskan dalam ilmu sosiolinguistik. Sosiolinguistik merupakan bagian dari satu dari sekian banyak cabang dalam ilmu linguistik. Sementara bahasa adalah bidang ilmu yang membahas tentang bahasa maupun lisan yang memiliki karakteristik empiris, rasional, dan sistematik sebagai penjelasan sistematis struktur dan aturan bahasa. Interferensi morfologi adalah ilmu memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembentukan dan perubahan tatanan kata secara gramatikal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui bentuk interferensi morfologi dari bahasa Jawa pada film “Sepatu Dahlan”, dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interferensi morfologi tersebut. Berdasarkan penelitian dalam film “Sepatu Dahlan” peneliti menemukan berupa bentuk interferensi pola proses morfologi yang terdiri dari prefiks, konfiks, dan sufiks. Sedangkan faktor-faktor penyebab terjadinya interferensi dalam film “Sepatu Dahlan” memasuki dua faktor, yaitu faktor internal linguistik dan faktor eksternal non linguistik. Faktor internal linguistik dapat masuk ke dalam dua bentuk faktor yaitu kontak bahasa dan transfer negatif. Sedangkan faktor eksternal non linguistik dapat dibagi menjdikelompokkan ke dalam dua bentuk yaitu, kebiasaan berbahasa Jawa dan sikap berbahasa. Sedangkan faktor-faktor penyebab terjadinya interferensi dalam film “Sepatu Dahlan” memasuki dua faktor, yaitu faktor internal linguistik dan faktor eksternal non linguistik. Faktor internal linguistik dapat masuk ke dalam dua bentuk faktor yaitu kontak bahasa dan transfer negatif. Sedangkan faktor eksternal non linguistik dapat dibagi menjdikelompokkan ke dalam dua bentuk yaitu, kebiasaan berbahasa Jawa dan sikap berbahasa. Sedangkan faktor-faktor penyebab terjadinya interferensi dalam film “Sepatu Dahlan” memasuki dua faktor, yaitu faktor internal linguistik dan faktor eksternal non linguistik. Faktor internal linguistik dapat masuk ke dalam dua bentuk faktor yaitu kontak bahasa dan transfer negatif. Sedangkan faktor eksternal non linguistik dapat dibagi menjdikelompokkan ke dalam dua bentuk yaitu, kebiasaan berbahasa Jawa dan sikap berbahasa.

Kata kunci : Sosiolingusitik; Interfensi; Morfologi; Film Sepatu Dahlan.

ABSTRAK

Interferensi bahasa merupakan ruang lingkup kajian yang diuraikan dalam sosiolinguistik. Sosiolinguistik merupakan bagian dari linguistik. Sedangkan linguistik adalah ilmu yang mempelajari bahasa tulis dan lisan yang mempunyai ciri empiris, rasional, dan sistematis sebagai penjelasan yang sistematis tentang struktur dan kaidah yang berkaitan dengan kaidah bahasa. Interferensi morfologi adalah ilmu bahasa yang bertugas memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembentukan gramatikal dan perubahan susunan kata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuannya adalah untuk mengetahui jenis-jenis interferensi morfologi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia dalam film “Dahlan Shoes”, dan faktor-faktor yang mempengaruhi interferensi morfologi tersebut. Berdasarkan penelitian pada film “Dahlan Shoes” peneliti menemukan bentuk interferensi pada pola proses morfologi yang terdiri dari prefiks, konfiks, dan sufiks. Sedangkan faktor penyebab interferensi dalam film “Dahlan Shoes” terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal linguistik dan faktor eksternal nonlinguistik. Faktor internal linguistik dapat dibagi menjadi dua yaitu bahasa kontak dan transfer negatif. Sedangkan faktor nonlinguistik dapat dibedakan menjadi dua yaitu, kebiasaan berbahasa Jawa dan sikap berbahasa.

Kata Kunci: Sosiolinguistik; Gangguan; Morfologi; Sepatu Dahlan Film.


References


DAFTAR RUJUKAN

Chear, Abdul. 2014. Lingistik Umum. (Jakarta: PT. Rinerka Cipta).

Effendi, Onong Uchjana. 1986. Televisi Siaran, Teori, dan Praktek. (Bandung: Alumni).

Jendra, I Wayan. 1991. Dasar-dasar Sosiolinguistik. (Denpasar: Ikayana).

Kridalaksana, Harimurti, Lucky R dkk. 1985. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis. (Jakarta: Pustaka Pembina dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan).

Lifatus Sa’diyah, Lailita, Kusmiyati, Budi Martono. Interferensi Morfologi Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia pada Karangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V UPT SDN 93 Gresik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 6, No. (1) Mei 2020.

Munasifah. 2002. Interferensi Bahasa Jawa ke Dalam Bahasa Indonesia pada Surat Kabar Terbitan Jawa Tengah Bulan Agustus 2001. Skripsi: Unnes.

Nababan, P.W.J. 1986. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama).

Ramla, Muhammad. 1985. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. (Yogyakarta:Karyono)

Rismiati. 2009. Interferensi Leksikal Bahasa Jawa ke Dalam Bahasa Indonesia Siswa TK Budi Mulia 2. Skripsi. (Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta).

Setyowati, Avid. 2008. Interferensi Morfologis dan Sintaksis Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia pada Kolom “Piye ya?” Harian Suara Merdeka. Skripsi: Universitas Diponegoro.

Siswanto. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, dan Tindakan. (Bandung: Refika Aditama).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta).

Suharsaputra,Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, dan Tindakan (Bandung: Refika Aditama).




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v12i3.16002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by: