PEMBELAJARAN ANSAMBEL REBANA GORONTALO MELALUI PENERAPAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Pembelajaran Ansambel Rebana Gorontalo menggunakan metode Number Head
Togather (NHT) merupakan penelitian yang bertujuan untuk melihat dan mendesriksipkan sejauh mana penerapan metode NHT pada pembelajaran ansabel
musik tradisi di kelas VIII SMP Negeri 3 Limboto. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini digunakan beberapa teori yaitu Pembelajaran, Ansambel Musik Tradisional, Ansambel Musik, Metode Pembelajaran Kooperatif dan Metode Number Head Togather.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif guna membantu memahami dan mendeskrisikan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan pada saat proses pembelajaran memasuki tahap beransambel, penerapan metode NHT sangat berpengaruh. Tanggung jawab dari setiap siswa semakin tinggi untuk membawakan tugas yang telah didapatkan dalam memainkan pola rabana Gorontalo secara bersama-sama dengan teman lainnya dari awal hingga akhir. Meskipun dalam prosesnya masih terdapat siswa yang masih keliru atau kurang tepat dalam memainkan pola ritme yang menjadi tugasnya, nomor kepala dari setiap siswa sangat berperan dalam memupuk kerjasama antar siswa, baik antara siswa dalam satu kelompok maupun siswa yang memiliki nomor kepala yang sama. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu berdasarkan penilaian individu dengan tiga indikator penilaian, siswa yang mendapat nilai ‘Sangat Baik (SB)’ berjumlah delapan orang dan satu orang siswa mendapat nilai ‘Baik (B). Selanjutnya berdasarkan penilaian secara kelompok, dari tiga kelompok ansambel rebana Gorontalo satu kelompok mendapat nilai ‘Sangat Baik (SB)’ dan dua kelompok mendapat nilai ‘Baik (B)’.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Muhamad dkk, 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang : UNISSULA Press
Astuti, Kun Setyaningsih dan Suminto A. Sayuti. 2002. Efektivitas Pertunjukan Untuk Mencapai Prestasi Belajar Ansambel Musik Yang Bermakna. Jurnal Penelitian dan Evaliasi. No. 5. (14-30)
Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
Depdiknas. 2008. Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Fauziyah, Rifa Rahmah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Tari Di Kelas VIII Smp Negeri 6 Bandung. Skripsi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Ganap, Victor. 2019. Musik dalam Kultur pendidikan. Yogyakarta : Penerbit Thafa Media
Hayati, Sri. 2017, Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Coperatif Learning Surabaya. Graha Medika
Hasyimkan, Hidayhtullah Ryan. 2016. Dasar-Dasar Musik. Yogyakarta :arttex
Khayam, Umar. 1981. Seni Tradisional Masyarakat. Jakarta: Balai Pustaka
Nettl, Bruno. 2012. Teori dan Metode dalam Etnomusikologi. Terj. Nathalian H.P. D. Putra. Jayapura : Jayapura Center of Music
Mardiah, Ainun. Dkk. 2022. Perkembangan Peserta Didik. Jawa Tengah : Tahta Media Grup
Moleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nurdyansyah dan Fahyuni Eri Fariyarul. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.
Penttinen, Marjaana. 2013. Skill Development in Music Reading: The Eye-Movement Approach. Disertasi. Turku : University of Turku
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Puspahita, I Nengah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Togahter) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya. Journal of Education Action Research. Vol. 3 No. 4. (338-344)
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2000. Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung: STIS
_______________________. 2011. Metodologi Penelitian. Semarang : Cipta Prima Nusantara
Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu
Supanggah, Rahayu. 1995. Etnomusikologi. Yogyakarta : Yayasan Bentang Budaya
Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Kasara
Uno, Hamzah B dan Rauf Abdul Karim. 2008. Desain Pembelajaran. Gorontalo :
Nurul Jannah.
DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v12i2.16339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh:
p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125 Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/ |
Indexed by: