PERBANDINGAN PENDIDIKAN SENI TARI DI DALAM DAN LUAR NEGERI

Nurlia Djafar, Abdul Haris Panai, Sitti Roskina Mas, Zulystiawati Zulystiawati

Abstract


Artikel ini membahas perbandingan pendidikan seni tari di dalam dan luar negeri dengan fokus pada kurikulum, metode pengajaran dan fasilitas. Penelitian ini bersifat konseptual dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk memahami perbedaan sistem pendidikan, kualitas pendidikan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi output pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan seni tari di luar negeri cenderung lebih terstruktur dengan kurikulum yang komprehensif, fasilitas yang lebih memadai, dan dukungan finansial yang signifikan. Di sisi lain, pendidikan seni tari di dalam negeri seringkali menghadapi keterbatasan dana dan fasilitas, namun memiliki kekayaan budaya lokal yang kuat. Dengan memperhatikan hasil analisis, artikel ini menyajikan kontribusi penting dalam pemikiran dan pembaharuan pendidikan di Indonesia, dengan menyoroti area-area yang perlu diperbaiki dan model-model yang dapat diadopsi untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Artikel ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan seni tari di dalam negeri, diperlukan peningkatan investasi dalam infrastruktur pendidikan, serta adaptasi metode pengajaran yang telah terbukti efektif di luar negeri, sambil tetap mempertahankan kekayaan budaya lokal

Keywords


Pendidikan, seni, pendidikan komparasi

Full Text:

PDF

References


Ananda, A., & Gistituati, N. SISTEM PENDIDIKAN JEPANG: STUDI KOMPARATIF PERBAIKAN PENDIDIKAN INDONESIA.

Assegaf, A. (2003). Internasionalisasi pendidikan: Sketsa perbandingan pendidikan di negara-negara Islam dan Barat. Gama Media.

Isri, S. (2015). Konsep Pendidikan Jerman dan Australia; Kajian Komparatif dan Aplikatif terhadap Mutu Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 25.

Kresnawati, M. A. (2013). Perbandingan Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Amerika Serikat, Perancis, Jepang, Singapura, India, dan China. Global and Policy Journal of International Relations, 1(01).

Kurniawan, C. (2017). Wawasan Pendidikan: Studi Komparatif Sistem Pendidikan Di Beberapa Negara Maju (Korea Selatan Dan Jepang).

Mubarak, H. Z. (2019). Sistem Pendidikan di Negeri Kangguru: Studi Komparatif Australia dan Indonesia.zakimu.com

Nurrijal, N. (2024). Analisis Perbandingan Sistem Pendidikan Negara-negara Maju Sebagai Komparasi Kemajuan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Biologi Babasal, 7-20.

Purnawan, H. BAB XV SISTEM PENDIDIKAN DI KOREA SELATAN. PERBANDINGAN PENDIDIKAN ISLAM, 337.

Sa'adah, M. (2019). Studi komparatif reformasi pendidikan di Singapura dan Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 70-79.

Widisuseno, I. (2018). Pola budaya pembentukan karakter dalam sistem pendidikan di Jepang. Kiryoku, 2(4), 221-230.




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v14i2.25674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

 

Indexed by:

   

 

 

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor