Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 SMA Neg. 3 Gorontalo Pada Materi Jarak Pada Bangun Ruang

Nurhayati Husain Alie

Abstract


Penelitian ini berangkat dari latar belakang pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada umumnya adalah dengan menceramahkan konsep-konsep, prinsip-prinsip, dan hukum-hukum dalam bentuk yang sudah jadi kepada siswa. Pembelajaran dengan cara ini terbukti kurang berhasil sebab ditemukan pemahaman siswa yang belum komprehensif terhadap materi yang diajarkan, sehingga siswa kurang cakap dalam memformulasikan pemahamannya untuk dapat menyelesaikan atau memecahkan masalah yang masih berkisar pada materi yang diberikan sebelumnya. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kejenuhan yang berakibat kurangnya motivasi belajar dan imbasnya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Melalui penelitian ini diharapkan keterlibatan aktif antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk melihat efektivitas tindakan digunakan lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan hasil evaluasi yang dilaksanakan dalam dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi jarak pada bangun ruang dilakukan PTK dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus I pengelolaan pembelajaran yang diperoleh melalui hasil pengamatan kegiatan guru dalam pembelajaran memperoleh skor 49,5 atau memperoleh nilai 77,34 (kategori baik), dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 58 atau mencapai nilai 90,63 (kategori sangat baik). Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I menunjukkan hanya 71,43 % dari 21 orang siswa mencapai nilai dengan kategori baik dan sangat baik, kemudian meningkat menjadi 85,72 % dari 21 orang siswa memperoleh nilai dengan kategori baik dan sangat baik. Sementara itu hasil belajar siswa pada siklus I hanya 61,90 % dari 21 orang siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan dilihat dari hasil evaluasinya, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,71 % dari 21 orang siswa memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan hasil yang dicapai pada siklus I dan II, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X.2 pada materi jarak pada bangun ruang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: info.je@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jurnal Entropi (JE) (p-ISSN: 1907-1965| e-ISSN: XXX-XXXX) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS