PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat menurut Dick & Carey yang
bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah pembelajaran yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode penemuan terbimbing. Subyek penelitian adalah siswa
kelas 2 SMP Negeri 7 Gorontalo dengan jumlah siswa 140 orang dan M.Ts Muhammadiyah Kota
Gorontalo dengan jumlah siswa 28 orang dengan rancangan Control group pre-test post-test. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen pengelolaan pembelajaran dapat dilaksanakan
dengan baik, peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 (77%); kelas eksperimen 2
(75%) dan kelas eksperimen 3 (76%), aktivitas belajar berpusat pada siswa, dan respon siswa
berkategori baik (89,78%), dibandingkan dengan kelas kontrol pengelolaan pembelajaran tidak dapat
dilaksanakan dengan baik, hasil belajar siswa pada kelas kontrol 1 (59%); kelas kontrol 2 (57%) dan
kelas kontrol 3 (58%), aktivitas belajar berpusat pada guru dan respon siswa (26,67%). Berdasarkan
temuan-temuan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD
melalui metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan cahaya dapat berpengaruh secara signifikan
terhadap kenaikan hasil belajar siswa.
bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah pembelajaran yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode penemuan terbimbing. Subyek penelitian adalah siswa
kelas 2 SMP Negeri 7 Gorontalo dengan jumlah siswa 140 orang dan M.Ts Muhammadiyah Kota
Gorontalo dengan jumlah siswa 28 orang dengan rancangan Control group pre-test post-test. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen pengelolaan pembelajaran dapat dilaksanakan
dengan baik, peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 (77%); kelas eksperimen 2
(75%) dan kelas eksperimen 3 (76%), aktivitas belajar berpusat pada siswa, dan respon siswa
berkategori baik (89,78%), dibandingkan dengan kelas kontrol pengelolaan pembelajaran tidak dapat
dilaksanakan dengan baik, hasil belajar siswa pada kelas kontrol 1 (59%); kelas kontrol 2 (57%) dan
kelas kontrol 3 (58%), aktivitas belajar berpusat pada guru dan respon siswa (26,67%). Berdasarkan
temuan-temuan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD
melalui metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan cahaya dapat berpengaruh secara signifikan
terhadap kenaikan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37905/je.v5i1.493
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo | |
E-mail: info.je@ung.ac.id | |
+6285341773856 (Call/sms/wa) | |
Jurnal Entropi (JE) (p-ISSN: 1907-1965| e-ISSN: XXX-XXXX) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |