PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Tirtawaty Abdjul

Abstract


Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat menurut Dick & Carey yang
bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah pembelajaran yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode penemuan terbimbing. Subyek penelitian adalah siswa
kelas 2 SMP Negeri 7 Gorontalo dengan jumlah siswa 140 orang dan M.Ts Muhammadiyah Kota
Gorontalo dengan jumlah siswa 28 orang dengan rancangan Control group pre-test post-test. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen pengelolaan pembelajaran dapat dilaksanakan
dengan baik, peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 (77%); kelas eksperimen 2
(75%) dan kelas eksperimen 3 (76%), aktivitas belajar berpusat pada siswa, dan respon siswa
berkategori baik (89,78%), dibandingkan dengan kelas kontrol pengelolaan pembelajaran tidak dapat
dilaksanakan dengan baik, hasil belajar siswa pada kelas kontrol 1 (59%); kelas kontrol 2 (57%) dan
kelas kontrol 3 (58%), aktivitas belajar berpusat pada guru dan respon siswa (26,67%). Berdasarkan
temuan-temuan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD
melalui metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan cahaya dapat berpengaruh secara signifikan
terhadap kenaikan hasil belajar siswa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: info.je@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jurnal Entropi (JE) (p-ISSN: 1907-1965| e-ISSN: XXX-XXXX) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS