PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS MELALUI METODE PRAKTIKUM DAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 3 MALANG

Mahmudi Ida Bagus Suryadharma, Nurul Istiqomah

Abstract


Persoalan yang dihadapi MAN 3 Malang bukan hanya terbatas pada upaya membuat
kegiatan belajar mangajar lebih menarik tetapi juga bagaimana menumbuhkan motivasi dan
meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian adalah membandingkan efektivitas pendekatan
kontruktivis melalui metode praktikum dan diskusi dengan pendekatan konvensional dalam
meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI MAN 3 Malang.
Penelitian merupakan penelitian eksperimental semu (quasi experimental design). Populasinya
adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Malang semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Sampel
penelitian adalah kelas XI -1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol
yang di ambil dengan cara acak terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar
siswa kelas eksperimen (100) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (50) yang
diperoleh dari hasil angket evaluasi guru, dan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dengan
nilai rata-rata kelas 16,97 lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar siswa kelas kontrol dengan
nilai rata-rata kelas 14,51, sehingga pembelajaran kimia dengan menggunakan pendekatan
konstruktivis melalui metode praktikum dan diskusi lebih efektif dibandingkan dengan
menggunakan pendekatan konvensional untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar
siswa yang ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t yang diperoleh harga
thitung (4,522) > ttabel (1,995).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: info.je@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jurnal Entropi (JE) (p-ISSN: 1907-1965| e-ISSN: XXX-XXXX) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS