ANALISIS MANAJEMEN RISIKO KESELAMATAN KERJA PADA KEGIATAN PENGIRIMAN BAHAN PELEDAK PT XYZ (STUDI KASUS MENAIKKAN TRUCK EXPLOSIVE KE LCT)

Defrilia Syumber Melinda, Arwin Sanjaya, Dian Dwi Nur Rahmah

Abstract


Tahapan proses pengiriman bahan peledak PT XYZ memiliki berbagai proses yang berhubungan langsung dengan alat-alat bantu yang besar dan bergerak selain itu dalam proses kegiatan ini juga berhubungan langsung dengan bahan-bahan yang mudah terbakar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif, dengan fokus penelitian adalah: identifikasi risiko, penilaian risiko, strategi pengelolaan risiko dan mitigasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam kegiatan menaikan truck AN  ke LCT, tingkat risiko yang ditemukan daalam penelitian ini adalah sebesar 8% Proirity 1, presentase sebesar 15% Substansial, 46% Proirity 3, dan 31% Acceptable. Strategi pengelolaan risiko yang dipilih dan dilakukan oleh perusahaan adalah hyerarchy of control dan melakukan upaya mitigasi dengan 4 cara yaitu: standard Operation Procedure, Plan Task Observasi, On The Spot Monitoring, Job Safety Analysis. Saran yang diberikan adalah perusahaan melakukan identifikasi risiko dan penilaian risiko secara merata dalam masing-masing proses kegiatan, pengawasan dalam setiap titik lokasi tentang fokus karyawan dan unit kendaraan yang selalu dikontrol keadaanya, dan melakukan review secara bertahap terhadap setiap kegiatan dan pembaharuan Standard Operation Procedure jika diperlukan.

Keywords


Keselamatan Kerja; Kecelakaan Kerja; Manajemen Risiko

Full Text:

PDF

References


Agung Bayu Dharma, D. (2017). Manajemen Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Pembangunan Jambuluwuk Hotel & Resort PETITENGET. Jurnal Spektran, 50.

Anizar. (2010). Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Daryanto, S. d. (2018). pedoman Praktis K3LH. Yogyakarta: Gava Media.

Istiningrum, A. A. (2011). Implementasi Penilaian Risiko Dalam Menunjang Pencapaian Tujuan Instansi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 17.

Ketenagakerjaan, B. (2019, Januari 16). Angka Kecelakaan Kerja Cenderung Meningkat, BPJS Ketenagakerjaan Bayar Santunan Rp 1,2 Triliun. Dipetik Oktober 20, 2019, dari BPJSKetenagakerjaan: bpjsketenagakerjaan.go.id/berita/23322/angka

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

P, C. T. (2018). Kesehatan Lingkungan dan K3. YogyaKarta: Muha Medika.

Priono, J. (2018, Desember 30). Data Kasus Kecelakaan Kerja di Indonesia. Dipetik Oktober 20, 2019, dari HSEpedia: hsepedia.com/data-kasus-kecelakaan-kerja-di-indonesia

Puspa, A. W. (2019, Agustus 15). BPJS Kalimantan: Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja jadi Sorotan. Dipetik Desember 15, 2019, dari Bisnis.com: kalimantan.bisnis.com/read/20190815/408/1137228/bpjs-kalimantan-klaim-jaminan-kecelakaan-kerja-jadi-sorotan

Ramdani, A. R. (2013). Analisi Tingkat Risiko Keselamatan Kerja Pada Kegiatan Penambangan Batubara di bagian Mining Operation PT THIESS CONTRACTORS INDONESIA Sangatta Mine Project Kalimantan Timur Tahun 2013. Ilmu kesehatan Masyarakat.

Ramli, S. (2010). Pedoman Praktis Manajemen Risiko Dalam Perspektif K3 OHS Risk Management. Jakarta: Dian Rakyat.

Release, P. (2018, Januari 29). Menuju Budaya Pencegahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang Lebih Kuat di Indonesia. Dipetik November 25, 2019, dari International Labour Organization: ilo.org/jakarta/info/public/pr/WCMS_616368/lang--en/index.htm

Sanusi, A. (Jakarta). Metodologi Penelitian Bisnis. 2017: Salemba Empat.

Sepang, B. A. (2013). Manajemen Risiko Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Pembangunan Ruko Orlens FAshion Manado. Jurnal Sipil Statik, 2.

Soputan, G. E. (2014). Manajemen Risiko Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (Study kasus pada Pembangunan Gedung SMA

Eben Haezan). Jurnal Ilmiah Media Engineering.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v4i1.10465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo