Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Team Work Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Kelautan Perikanan Dan Pertanian Kota Gorontalo

Tri Agus T Sude, Lisda L Asi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan team work berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai pada Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai di Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian Kota Gorontalo sebanyak 150 pegawai, teknik sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan dari responden dengan menggunakan instrumen angket. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan spss versi 19 serta analisis dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa: 1) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai pada Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian Kota Gorontalo. 2) Team work berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai pada Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian Kota Gorontalo. 3) Lingkungan kerja dan team work berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai pada Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian Kota Gorontalo. Dengan demikian, maka hipotesis telah teruji kebenarannya dan dapat diterima.

Keywords


Lingkungan Kerja; Kerja Tim; Efektivitas Kerja

Full Text:

PDF

References


Afifudin, Beni Ahmad Saebani, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.

Ahmad, Tohardi, 2013. Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Universitas Tanjung Pura, Mandar Maju.

Azisyah, 2014. Pengaruh Komunikasi Dan Tim Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Pemerintahan Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Bahri, 2016. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Guru di SMK Hidayatullah Islam Kabupaten Probolinggo. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, Vol. 6, No. 2.

Barry, Render dan Jay Heizer, 2001. Prinsip-Prinsip Manajemen Operasi: Operations management, Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, Sandra, 2007, Team Work Cara Menyenangkan Membangun Tim Impian, Bandung: Proggressio,91.

Dwi Sulistiyani, Dwi 2019. Pengaruh Kerjasama Tim Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan Di Hotel Mercure Jakarta Cini. Skripsi Thesis, Universitas Sahid.

Erawati, Darwis, Nasrullah, 2017. Efektivitas Pegawai Pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Sarjana Ekonomi Universitas Negeri Makassar, Vol. 3, No. 1.

Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara

Hatta, M., Musnadi, S., dan Mahdani. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kerjasama Tim Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan PT PLN (Persero) Wilayah Aceh. Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UnsyiahVol. 1, No.1.

Mahmudi, 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Makmur, 2011. Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: Refika Aditama.

Nitisemito, 2006. Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pandelaki, 2018. Pengaruh Team Work Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Yayasan Titian Budi Luhur Di Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Tadulako Palu Vol. 6, No. 5, 35-46.

Riki Arizona, 2017, Peran Team Work Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Sinarmas Cabang Malang, Jurnal No 1 Vol 20 Malang : STIE Indonesia Malang.

Sedarmayanti, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung: Refika Aditama.

Siagian, Sondang P, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kesembilan, Jakarta: Bumi Aksara.

Siagian, Sondang P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Stephen P. Robbins and Timothy A. Judge, 2008. Perilaku Organisasi, Edisi 12 Buku 1, Terjemahan: Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rosyid, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, 2003. Kinerja Karyawan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tracy, Brian. 2006. Pemimpin Sukses. Cetakan Keenam, Penerjemah: Suharsono dan Ana Budi Kuswandani, Jakarta: Pustaka Delapatrasa

Wihartati, 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Pengawasan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan IKIP PGRI Madiun Vol. 5, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v4i2.11599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo