Analisis Penggunaan Digital Marketing Sebagai Upaya Pemulihan Pariwisata Di Era New Normal (Studi Kasus Pada Taman Kyai Langgeng Magelang)

Astin Arofah, Andhatu Achsa

Abstract


Digital marketing di era saat ini menjadi sangat penting terutama dalam memasarkan suatu produk kususnya pariwisata. Penelitisn ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan digital marketing yang dilakukan oleh Taman Kyai Langgeng dan untuk mendeskripsikan digital marketing yang diterapkan dapat menarik minat wisatawan atau tidak di era new normal ini. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pencarian perhitungan mean (rata-rata), presentase, dan modus atau respon yang sering muncul dalam hasil kuesioner. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berasal dari observasi, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka sedangkan pengukuran penelitian dilakukan menggunakan skala likert. Hasil penelitian dan pembahasan menggunakan model AISAS tersebut menunjukkan bahwa penggunaan digital marketing Taman Kyai Langgeng kurang maksimal. Penerapan digital marketing yang kurang maksimal tersebut tentu berdampak pada minat wisatawan dalam mengunjungi Taman Kyai Langgeng dan pemulihan pariwisata di era new normal ini belum tercapai karena kurangnya minat wisatawan dalam mengunjungi Taman Kyai Langgeng.

Keywords


AISAS; digital marketing; minat wisatawan; pariwisata

Full Text:

PDF

References


Agus, I. G., & Warmayana, K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4 . 0. 3.

Amalia, G., Darmawan, F., & M. Marjuka, Y. (2017). Analisis Aisas (Attention, Interest, Search, Action, Share) Pada Pengunjung the Lodge Maribaya Lembang. Journal of Tourism Destination and Attraction, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.35814/tourism.v5i2.774

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV Jejak. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=59V8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=metode+kualitatif&ots=5HaBnwjzDt&sig=zF6qlRPr61EZXGpQyeO8wh98r-w&redir_esc=y#v=onepage&q=metode kualitatif&f=false

Charli, C. O., & Putri, D. A. (2020). Pengaruh Social Media Marketing , Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal Ekobistek, 9(2), 40–48.

Heliany, I. (2019). Wonderful Digital Tourism Indonesia Dan Peran Revolusi Industri Dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0. Destinesia : Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(1), 21–35. https://doi.org/10.31334/jd.v1i1.551

Hiregar, G. M. (2020). Analisis digital marketing dinas pariwisata dalam mempromosikan desa wisata kabupaten magetan (Issue 16240490). Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Khairunnisa, S. N. (2020). Pandemi, Kunjungan Wisman Tahun 2020 Turun hingga 74,7 Persen. https://travel.kompas.com/read/2020/12/30/120500627/pandemi-kunjungan-wisman-tahun-2020-turun-hingga-74-7-persen.

Kumparan. (2019). BPS merilis data perkembangan oariwisata bulan april 2019. https://kumparan.com/kumparantravel/bps-merilis-data-perkembangan-pariwisata-bulan-april-2019-1rFodFSfD09/full

Milles, M. ., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2020). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Fourth Edition (4th ed.). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=lCh_DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=model+Miles+dan+Huberman&ots=2SauOGAg9g&sig=kpzoQ64DL4LMw8MbUeVCNR-2orQ&redir_esc=y#v=onepage&q=model Miles dan Huberman&f=false

Mulyawan, A. (2020). Upaya Memulihkan Sektor Pariwisata Indonesia Pascapandemi Covid-19. Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2020/06/28/161137527/upaya-memulihkan-sektor-pariwisata-indonesia-pascapandemi-covid-19?page=all

Nugroho, W. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Steak Ranjang Bandung. 12–33. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30231

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83.

Riyadi, S., Susilo, D., Sufa, S. A., & Dwi Putranto, T. (2019). Digital marketing strategies to boost tourism economy: A case study of atlantis land Surabaya. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(5), 468–473. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7553




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo