Pengaruh Strategi Jasa Transportasi Grab Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Penggunaan Jasa Grab Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2018)

Nilasari Paputungan, Hais Dama, Herlina Rasjid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran jasa memiliki pengaruh terhadap loyalisatas konsumen grab. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa tranportasi grab. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Non Probability Sampling sebanyak 69 konsumen. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuisioner kepada konsumen yang menggunakan jasa transportasi grab. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh nilai t-hitung variabel Strategi Pemasaran sebesar 7,755, dan nilai t tabel sebesar 1,668 dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05, Penjelasan tersebut menyimpulkan bahwa secara parsial variabel Strategi pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Dan nilai R sebesar 0,688, dan nilai R square (R2) sebesar 0,473 dengan kata lain bahwa loyalitas konsumen untuk menggunakan jasa transportasi grab, sebesar 47,3% karena dipengaruhi oleh Strategi pemasaran. Adapun lebihnya sebesar 52,7% memungkinkan untuk dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dijelaskan pada penelitian ini seperti Harga, Kualitas pelayanan, Kualitas produk, dan variabel lainnya.

Keywords


Strategi Pemasaran; Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Akbar, D. A. (2016). Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus di PT. Bank BNI Syariah Cabang Palembang). I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 2(1), 1-18.

Alma, Buchari. 2007. Manajemen dan Pemasaran Jasa. Edisi ketujuh. penerbit Alfabeta, Bandung.

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. ALFABETA.

Amaliani Sophira. 2006. Jurnal Pengaruh Kualitasjasa-Terhadap Loyalitas Consumen-pada Hotel Panghegar Bandung. Universitas widyatama bandung.

Assauri, Sofjan. 1996. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Edisi Ke 1. Penerbit PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Brigita Ingrid Noviana. 2015 Jurnal Pengaruh Service Marketing Mix-Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Amaris Surabaya. Universitas Kristen Peta.

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi Dan Kebijakan Public. Edisi ke satu. Penerbit Kencana Bandung.

Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Strategi, Teori dan Praktik. Edisi pertama. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Ferdianad, Agusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Edisi ke 2. Semarang. CV. Indoprint

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, Hartimbul Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran, Bandung: CV YRAMA WIDYA.

Gultom, D. K., & CHRISTIANA, I. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Citra Destinasi Dan Kepuasan Wisatawan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Wisatawan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Gultom, D. K., Ginting, P., & Sembiring, B. K. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(01).

Hasan, F. D. (2012). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Achmad Yani Makassar.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo