Pengaruh Strategi Inovasi Produk Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMK Kuliner Di Kota Gorontalo

Dinda Ayu Darma, Zulfia K Abdussamad, Endi Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Inovasi Produk Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMK Kuliner Di Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada para pelaku UMK di Kota Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 85 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan 1) Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, 2) Pemasaran Sosial Media berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, dan 3) Inovasi Produk dan Pemasaran Media Sosial secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 60,6% yang berarti variabilitas Keunggulan Bersaing dapat dijelaskan oleh Inovasi Produk dan Pemasaran Media Sosial sebesar 60,6%. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa Inovasi Produk dan Pemasaran Media Sosial berpengaruh terhadap Keunggulan Bersaing diterima.

Keywords


Inovasi Produk; Pemasaran Media Sosial; Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Ancok, Djamaludin. 2012. Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga

Anggai, Anraini Mulya. 2020. "MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK." Skripsi. FEKON, Manajemen, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.

Curatman, Aang, dkk. 2016. Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, Vol XVIII, No 3. Universitas Swadaya Gunung Jati.

David, Fred R. 2006. Strategy Management. Ichsan Setiyo Budi (Penerjemah). Manajemen Strategi. Salemba Empat. Jakarta

Dewantara, R. A., Luthfi, I. H., Prodi, D., Pemasaran, M., Terapan, F. I., & Telkom, U. (2020). Analisis Pemasaran Media Sosial Pada Hotel Unpad Training Center ( Utc ) Bandung 2020 Social Media Marketing Analysis At Hotel Unpad Training Center ( Utc ) Bandung 2020. 6(2), 2737–2743.

Dirgantoro, Crown. 2010. Manajemen Stratejik konsep, kasus, dan implementasi. Jakarta. Grasindo

Distanont, A., & Khongmalai, O. (2020). Kasetsart Journal of Social Sciences The role of innovation in creating a competitive advantage. 41, 15–21.

Fatmawati, R. A. (2016). PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN. Jurnal Administrasi Bisnis, 53(9), 1689–1699.

Gana. (2003). "Inovasi Organisasi Sebagai Basis Daya Saing Bisnis", Usahawan.

Godey, Bruno,dkk. 2016. Social Media Marketing Efforts of Luxury Brands: Influence on Brand Equity and Consumer Behavior. Journal of Business research 09 (2016) 5833-5841.

Haji, S., Arifin, R., & ABS, M. K. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing. Samsul Haji Roid Arifin M.Khairul ABS, 6(2), 83–95. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/438

Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(3), 1. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i3.1252

Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The Influence of Market Orientation and Product Innovation on the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (Ukm) Performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 4(08), 8–21. https://doi.org/10.23958/ijsei/vol04-i08/02

Hunger David J. dan Wheelen L. Thomas (2003), Manajemen Strategis. Yogyakarta : Andi

Indriyatni, Lies. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (Studi Pada Usaha Kecil Di Semarang Barat). Jurnal Volume 5,No 1. (Online) http://jurnal.stiesemarang.ac.id

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid I. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. Person Education,Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 14th Edition. United States of America: Pearson

Lukas, B.A. and Ferrel, O.C. 2000. "The effect of Market Orientation on Product Innovaation". Journal of Marketing. p.20-35

Partomo, Titik Sartika dan Abd Rachman Soedono. (2002). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia

Paulus, A. L., & Wardhani, Z. K. (2018). Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery : peran orientasi pasar , orientasi kewirausahaan , dan inovasi produk Competitive advantage of cake and bakery business : the role of market orientation , entreprenuership orientation and product innovation. Jurnal Manajemen, 10(2), 88–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v10i2.4080

Prajogo, D. & Sohal, A. 2003. The Relationships be-tween TQM Practices, Quality Performance, and Innovation Performance. International Journal of Quality and Reliability Management.

Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rahmasari, L. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Olahan Ikan di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 21–30. https://doi.org/10.37470/1.23.1.174

Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rahmasari, L. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Olahan Ikan di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 21–30. https://doi.org/10.37470/1.23.1.174

Russell, S. N., & Millar, H. . (2014). Exploring the Relationship Among Sustainable Manufacturing Practises, Business Performance and Competitive Advantage: Perspective From a Developing Economy. Journal of Management and Sustainability, 4(3), 37–54.

Saerang, R. T. (2020). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN DAYA SAING UMKM ( FOOD & BEVERAGE ) DI KOTA MANADO ANALYZING THE USE OF SOCIAL MEDIA IN ENHANCING COMPETITIVENESS OF FOOD AND BEVERAGE MSME ’ s IN MANADO CITY Jurnal EMBA Vol . 8 No . 4 Oktober 2020 , Ha. 8(4), 1172–1181

Sismanto, Adi. 2006. "Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang

Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), 57. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i1.992

Sunyoto, D. (2015). Keunggulan Bersaing. Jakarta: PT. Buku Seru.

Taan, H. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha karawo di kota gorontalo. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 148–158. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/jbk/article/view/92/97

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/index/search/search?query=strategi+pemasaran&searchJournal=&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateTo

Williams, D.L. Crittende, V,L. Keo, T. & McCarty, P. 2012. The use of social media: an exploratory study of uses among digital natives, Journal of Public Affairs, Vol. 12 No. 2, pp. 127-136

Dewantara, R. A., Luthfi, I. H., Prodi, D., Pemasaran, M., Terapan, F. I., & Telkom, U. (2020). Analisis Pemasaran Media Sosial Pada Hotel Unpad Training Center ( Utc ) Bandung 2020 Social Media Marketing Analysis At Hotel Unpad Training Center ( Utc ) Bandung 2020. 6(2), 2737–2743.

Dirgantoro, Crown. 2010. Manajemen Stratejik konsep, kasus, dan implementasi. Jakarta. Grasindo

Distanont, A., & Khongmalai, O. (2020). Kasetsart Journal of Social Sciences The role of innovation in creating a competitive advantage. 41, 15–21.

Fatmawati, R. A. (2016). PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN. Jurnal Administrasi Bisnis, 53(9), 1689–1699.

Gana. (2003). "Inovasi Organisasi Sebagai Basis Daya Saing Bisnis", Usahawan.

Godey, Bruno,dkk. 2016. Social Media Marketing Efforts of Luxury Brands: Influence on Brand Equity and Consumer Behavior. Journal of Business research 09 (2016) 5833-5841.

Haji, S., Arifin, R., & ABS, M. K. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing. Samsul Haji Roid Arifin M.Khairul ABS, 6(2), 83–95. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/438

Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(3), 1. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i3.1252

Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The Influence of Market Orientation and Product Innovation on the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (Ukm) Performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 4(08), 8–21. https://doi.org/10.23958/ijsei/vol04-i08/02

Hunger David J. dan Wheelen L. Thomas (2003), Manajemen Strategis. Yogyakarta : Andi

Indriyatni, Lies. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (Studi Pada Usaha Kecil Di Semarang Barat). Jurnal Volume 5,No 1. (Online) http://jurnal.stiesemarang.ac.id

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid I. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. Person Education,Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 14th Edition. United States of America: Pearson

Lukas, B.A. and Ferrel, O.C. 2000. "The effect of Market Orientation on Product Innovaation". Journal of Marketing. p.20-35

Partomo, Titik Sartika dan Abd Rachman Soedono. (2002). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia

Paulus, A. L., & Wardhani, Z. K. (2018). Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery : peran orientasi pasar , orientasi kewirausahaan , dan inovasi produk Competitive advantage of cake and bakery business : the role of market orientation , entreprenuership orientation and product innovation. Jurnal Manajemen, 10(2), 88–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v10i2.4080

Prajogo, D. & Sohal, A. 2003. The Relationships be-tween TQM Practices, Quality Performance, and Innovation Performance. International Journal of Quality and Reliability Management.

Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rahmasari, L. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Olahan Ikan di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 21–30. https://doi.org/10.37470/1.23.1.174

Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rahmasari, L. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Olahan Ikan di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 21–30. https://doi.org/10.37470/1.23.1.174

Russell, S. N., & Millar, H. . (2014). Exploring the Relationship Among Sustainable Manufacturing Practises, Business Performance and Competitive Advantage: Perspective From a Developing Economy. Journal of Management and Sustainability, 4(3), 37–54.

Saerang, R. T. (2020). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN DAYA SAING UMKM ( FOOD & BEVERAGE ) DI KOTA MANADO ANALYZING THE USE OF SOCIAL MEDIA IN ENHANCING COMPETITIVENESS OF FOOD AND BEVERAGE MSME ’ s IN MANADO CITY Jurnal EMBA Vol . 8 No . 4 Oktober 2020 , Ha. 8(4), 1172–1181

Sismanto, Adi. 2006. "Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang

Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), 57. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i1.992

Sunyoto, D. (2015). Keunggulan Bersaing. Jakarta: PT. Buku Seru.

Taan, H. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha karawo di kota gorontalo. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 148–158. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/jbk/article/view/92/97

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/index/search/search?query=strategi+pemasaran&searchJournal=&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateTo

Williams, D.L. Crittende, V,L. Keo, T. & McCarty, P. 2012. The use of social media: an exploratory study of uses among digital natives, Journal of Public Affairs, Vol. 12 No. 2, pp. 127-136

Yadav, M. & Rahman, Z. (2017). The Influence of Social Media Marketing Activities on Customer Loyalty. Benchmarking: An International Journal. Vol. 25 Issue: 9,3882-3905




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo