Pengaruh Strategi Inovasi Produk Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMK Kuliner Di Kota Gorontalo
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ancok, Djamaludin. 2012. Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga
Anggai, Anraini Mulya. 2020. "MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK." Skripsi. FEKON, Manajemen, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.
Curatman, Aang, dkk. 2016. Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, Vol XVIII, No 3. Universitas Swadaya Gunung Jati.
David, Fred R. 2006. Strategy Management. Ichsan Setiyo Budi (Penerjemah). Manajemen Strategi. Salemba Empat. Jakarta
Dewantara, R. A., Luthfi, I. H., Prodi, D., Pemasaran, M., Terapan, F. I., & Telkom, U. (2020). Analisis Pemasaran Media Sosial Pada Hotel Unpad Training Center ( Utc ) Bandung 2020 Social Media Marketing Analysis At Hotel Unpad Training Center ( Utc ) Bandung 2020. 6(2), 2737–2743.
Dirgantoro, Crown. 2010. Manajemen Stratejik konsep, kasus, dan implementasi. Jakarta. Grasindo
Distanont, A., & Khongmalai, O. (2020). Kasetsart Journal of Social Sciences The role of innovation in creating a competitive advantage. 41, 15–21.
Fatmawati, R. A. (2016). PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN. Jurnal Administrasi Bisnis, 53(9), 1689–1699.
Gana. (2003). "Inovasi Organisasi Sebagai Basis Daya Saing Bisnis", Usahawan.
Godey, Bruno,dkk. 2016. Social Media Marketing Efforts of Luxury Brands: Influence on Brand Equity and Consumer Behavior. Journal of Business research 09 (2016) 5833-5841.
Haji, S., Arifin, R., & ABS, M. K. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing. Samsul Haji Roid Arifin M.Khairul ABS, 6(2), 83–95. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/438
Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(3), 1. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i3.1252
Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The Influence of Market Orientation and Product Innovation on the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (Ukm) Performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 4(08), 8–21. https://doi.org/10.23958/ijsei/vol04-i08/02
Hunger David J. dan Wheelen L. Thomas (2003), Manajemen Strategis. Yogyakarta : Andi
Indriyatni, Lies. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (Studi Pada Usaha Kecil Di Semarang Barat). Jurnal Volume 5,No 1. (Online) http://jurnal.stiesemarang.ac.id
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid I. Jakarta: PT. Prenhalindo.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. Person Education,Inc.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 14th Edition. United States of America: Pearson
Lukas, B.A. and Ferrel, O.C. 2000. "The effect of Market Orientation on Product Innovaation". Journal of Marketing. p.20-35
Partomo, Titik Sartika dan Abd Rachman Soedono. (2002). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia
Paulus, A. L., & Wardhani, Z. K. (2018). Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery : peran orientasi pasar , orientasi kewirausahaan , dan inovasi produk Competitive advantage of cake and bakery business : the role of market orientation , entreprenuership orientation and product innovation. Jurnal Manajemen, 10(2), 88–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v10i2.4080
Prajogo, D. & Sohal, A. 2003. The Relationships be-tween TQM Practices, Quality Performance, and Innovation Performance. International Journal of Quality and Reliability Management.
Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rahmasari, L. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Olahan Ikan di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 21–30. https://doi.org/10.37470/1.23.1.174
Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rahmasari, L. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Olahan Ikan di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 21–30. https://doi.org/10.37470/1.23.1.174
Russell, S. N., & Millar, H. . (2014). Exploring the Relationship Among Sustainable Manufacturing Practises, Business Performance and Competitive Advantage: Perspective From a Developing Economy. Journal of Management and Sustainability, 4(3), 37–54.
Saerang, R. T. (2020). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN DAYA SAING UMKM ( FOOD & BEVERAGE ) DI KOTA MANADO ANALYZING THE USE OF SOCIAL MEDIA IN ENHANCING COMPETITIVENESS OF FOOD AND BEVERAGE MSME ’ s IN MANADO CITY Jurnal EMBA Vol . 8 No . 4 Oktober 2020 , Ha. 8(4), 1172–1181
Sismanto, Adi. 2006. "Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang
Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), 57. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i1.992
Sunyoto, D. (2015). Keunggulan Bersaing. Jakarta: PT. Buku Seru.
Taan, H. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha karawo di kota gorontalo. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 148–158. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/jbk/article/view/92/97
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/index/search/search?query=strategi+pemasaran&searchJournal=&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateTo
Williams, D.L. Crittende, V,L. Keo, T. & McCarty, P. 2012. The use of social media: an exploratory study of uses among digital natives, Journal of Public Affairs, Vol. 12 No. 2, pp. 127-136
Dewantara, R. A., Luthfi, I. H., Prodi, D., Pemasaran, M., Terapan, F. I., & Telkom, U. (2020). Analisis Pemasaran Media Sosial Pada Hotel Unpad Training Center ( Utc ) Bandung 2020 Social Media Marketing Analysis At Hotel Unpad Training Center ( Utc ) Bandung 2020. 6(2), 2737–2743.
Dirgantoro, Crown. 2010. Manajemen Stratejik konsep, kasus, dan implementasi. Jakarta. Grasindo
Distanont, A., & Khongmalai, O. (2020). Kasetsart Journal of Social Sciences The role of innovation in creating a competitive advantage. 41, 15–21.
Fatmawati, R. A. (2016). PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN. Jurnal Administrasi Bisnis, 53(9), 1689–1699.
Gana. (2003). "Inovasi Organisasi Sebagai Basis Daya Saing Bisnis", Usahawan.
Godey, Bruno,dkk. 2016. Social Media Marketing Efforts of Luxury Brands: Influence on Brand Equity and Consumer Behavior. Journal of Business research 09 (2016) 5833-5841.
Haji, S., Arifin, R., & ABS, M. K. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing. Samsul Haji Roid Arifin M.Khairul ABS, 6(2), 83–95. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/438
Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(3), 1. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i3.1252
Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The Influence of Market Orientation and Product Innovation on the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (Ukm) Performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 4(08), 8–21. https://doi.org/10.23958/ijsei/vol04-i08/02
Hunger David J. dan Wheelen L. Thomas (2003), Manajemen Strategis. Yogyakarta : Andi
Indriyatni, Lies. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (Studi Pada Usaha Kecil Di Semarang Barat). Jurnal Volume 5,No 1. (Online) http://jurnal.stiesemarang.ac.id
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid I. Jakarta: PT. Prenhalindo.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. Person Education,Inc.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 14th Edition. United States of America: Pearson
Lukas, B.A. and Ferrel, O.C. 2000. "The effect of Market Orientation on Product Innovaation". Journal of Marketing. p.20-35
Partomo, Titik Sartika dan Abd Rachman Soedono. (2002). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia
Paulus, A. L., & Wardhani, Z. K. (2018). Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery : peran orientasi pasar , orientasi kewirausahaan , dan inovasi produk Competitive advantage of cake and bakery business : the role of market orientation , entreprenuership orientation and product innovation. Jurnal Manajemen, 10(2), 88–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v10i2.4080
Prajogo, D. & Sohal, A. 2003. The Relationships be-tween TQM Practices, Quality Performance, and Innovation Performance. International Journal of Quality and Reliability Management.
Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rahmasari, L. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Olahan Ikan di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 21–30. https://doi.org/10.37470/1.23.1.174
Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rahmasari, L. (2021). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Olahan Ikan di Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 21–30. https://doi.org/10.37470/1.23.1.174
Russell, S. N., & Millar, H. . (2014). Exploring the Relationship Among Sustainable Manufacturing Practises, Business Performance and Competitive Advantage: Perspective From a Developing Economy. Journal of Management and Sustainability, 4(3), 37–54.
Saerang, R. T. (2020). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN DAYA SAING UMKM ( FOOD & BEVERAGE ) DI KOTA MANADO ANALYZING THE USE OF SOCIAL MEDIA IN ENHANCING COMPETITIVENESS OF FOOD AND BEVERAGE MSME ’ s IN MANADO CITY Jurnal EMBA Vol . 8 No . 4 Oktober 2020 , Ha. 8(4), 1172–1181
Sismanto, Adi. 2006. "Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang
Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), 57. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i1.992
Sunyoto, D. (2015). Keunggulan Bersaing. Jakarta: PT. Buku Seru.
Taan, H. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha karawo di kota gorontalo. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 148–158. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/jbk/article/view/92/97
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/index/search/search?query=strategi+pemasaran&searchJournal=&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateTo
Williams, D.L. Crittende, V,L. Keo, T. & McCarty, P. 2012. The use of social media: an exploratory study of uses among digital natives, Journal of Public Affairs, Vol. 12 No. 2, pp. 127-136
Yadav, M. & Rahman, Z. (2017). The Influence of Social Media Marketing Activities on Customer Loyalty. Benchmarking: An International Journal. Vol. 25 Issue: 9,3882-3905
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14767
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.