Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Konveksi Aria Kaos Kota Gorontalo

Melysa Rahmola, Andi Juanna, Zulfia K Abdussamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produk terhadap tingkat kepuasan konsumen di Konveksi Aria Kaos. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengambilan data adalah berupa observasi, wawancara serta melalui kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen di Konveksi Aria Kaos sebanyak 96 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dimana nilai R Square adalah sebesar 0,537. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 53,7% variabel kepuasan konsumen di Konveksi Aria Kaos dapat dijelaskan oleh kualitas produk, sedangkan sisanya 46,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini misalnya harga, pelayanan, pemasaran, dan sebagainya.

Keywords


Kualitas Produk; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Irawan, H.D. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Edisi Kedua 2002. Jakarta: Elex Media Komputindo

Khuriyati, T. (2013). Faktor-Faktor Penyebab Penurunan Omzet Penjualan Pada Industri Kerajinan Monel Di Desa Kriyan Kabupaten Jepara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Vol. 12, No. 01.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Menejemen Pemasaran. Penerbit: Erlanggga. Jakarta.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2008). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mullins, John W. And Walker, Orville C. (2013). Marketing Management: A Strategic Decision Making Approach (8th Edition). New York: McGraw-Hill

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta, 225.

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. CAPS: Yogyakarta.

Supranto, J. (1997). Metode Riset. Rineka Cipta, Jakarta.

Taan, H. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha karawo di kota gorontalo. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 6(2).

Tjiptono, F. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo