Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pelanggan Terhadap Kinerja Usaha Hotel Berbintang di Provinsi Gorontalo

Dian Rahmawaty Siki, Arifin Tahir, Lisda L. Asi

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pelanggan Terhadap Kinerja Usaha Hotel Berbintang di Provinsi Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Populasi dan sampel adalah pengunjung hotel berbintang di Provinsi Gorontalo. Pengujian hipotesis penelitian diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian ini adalah diketahui nilai t_hitungdan nilai t_tabel. Nilai t_hitung (2.365) > Nilai t_tabel (-1,667) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara komparasi pelayanan terhadap Kinerja, nilai t_hitung dan nilai t_tabel. Nilai t_hitung (6.446) < Nilai t_tabel (-1,667) maka H0 diterima dan H1 ditolak. Artinya, secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara Keputusan Pelanggan terhadap Kinerja dan nilai F hitung dan nilai F tabel. Nilai F hitung (496.291) > Nilai F tabel (3.09) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat pengaruh secara signifikan antara Komparasi Pelayanan dan Keputusan Pelanggan Berpengaruh Terhadap Kinerja. Jadi, dari kasus ini dapat disimpulkan bahwa secara simultan Komparasi Pelayanan dan Keputusan Pelanggan Berpengaruh Terhadap Kinerja Usaha Hotel Berbintang di Provinsi Gorontalo.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Keputusan Pelanggan; Kinerja Usaha Hotel Berbintang

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bitner, M. J. dan Zeithaml, V. A., 2003, Service Marketing (3rd ed.), Tata McGraw Hill, New Delhi.

Davis, Keith, and Newstrom, John,W. 2002. Organizational Behavior At Work. 11 edition. New York. Mc Graw - Hill

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Gerson, Richard F. 2002. Mengukur Kepuasan Pelanggan, Cetakan kedua, Jakarta: PPM.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP

Handoko, T. Hani. 2002. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, cetakan keduabelas, Yogyakarta: BPFE

Husein Umar. 2003. Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

Kotler dan Keller. 2012. Manejemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. PT Prenhallindo. Jakarta

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Millet, John D. 2012. Management In The Public Service: The Quest For Effective Performance, New York, McGraw-Hil

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Salemba. Empat. Jakarta

P. Siagian, Sondang.2002. Kepemimpinan Organisasi & Perilaku Administrasi. Jakarta: Penerbit Gunung Agung

Rambat, Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat

Ratnasari Tri Ririn, Mastuti H Aksa. 2011 . Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit: Ghalia Indonesia

Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Cetakan Pertama. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Sedarmayanti. 2003. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Penerbit: Ilham Jaya. Bandung

Simanjuntak. 2005. Manajemen Dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Tangkilisan, 2005. Manajemen Publik. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Usman, 2006. Metode Penelitian. Surabaya : Graha Ilmu.

Werther & Davis, 1996. Human Resource and Personal management. Edisi Kelima. New York : McGraw-Hill.

Widodo, Sri, 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (Edisi Kedua). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Yati, Nur, 2014. Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang. Skripsi. Malang : Universitas Islam Negara Maulana Malik Ibrahim.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.15078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo