Pengaruh Human Capital, Structural Capital Dan Customer Capital Terhadap Produktivitas Perusahaan Sumber Usaha Karawo Gorontalo

Suhartin Thaib, Heldy Vanni Alam, Fenti Prihatini Dance Tui

Abstract


Tinggi rendahnya produktivitas sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang bisa berasal dari dalam maupun dari luar lingkup organisasi. Sehubungan dengan produktivitas perusahaan, ketiga unsur produktivitas Human Capital, Structural Capital dan Customer Capital memiliki peran yang sangat penting. Salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan dalam meningkatkan produktivitasnya adalah melalui investasi pada intellectual capital, berupa sumber daya manusia (SDM). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Human Capital, Structural Capital dan Customer Capital Terhadap Produktivitas Perusahaan Sumber Usaha Karawo Gorontalo yang telah dilaksanakan di perusahaan Sumber Usaha Karawo pada bulan Maret hingga April 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi terdiri dari pemilik dan karyawan Perusahaan Sumber Usaha Karawo Gorontalo dengan total sample 84 orang, yang merupakan sample jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara bersama-sama variabel human capital, structural capital dan customer capital berpengaruh positif dan sangat singinifikan terhadap produktivitas Perusahaan Sumber Usaha Karawo. 2) Variabel human capital berpengaruh positif dan singinifikan terhadap produktivitas Perusahaan Sumber Usaha Karawo. 3) Variabel structural capital berpengaruh positif dan singinifikan terhadap produktivitas Perusahaan Sumber Usaha Karawo. 4) Variabel customer capital berpengaruh positif dan sangat singinifikan terhadap produktivitas Perusahaan Sumber Usaha Karawo. 5) Variabel customer capital merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap produktivitas Perusahaan Sumber Usaha Karawo.  Berdasarkan pada hasil penelitian ini, diharapkan Perusahaan Sumber Usaha Karawo lebih memperhatikan pada variabel human capital, structural capital dan customer capital yang saat ini dimiliki agar tetap dapat bersaing dan juga untuk meningkatkan produktivitasnya.

Keywords


Sumber Usaha Karawo, Human Capital, Structural Capital dan Customer Capital

Full Text:

PDF

References


Aprilyani, Rizky Vernita Dwi, Arik Susbiyani, dan Rendy Mirwan Aspirandi. 2020. “Pengaruh Capital Employed, Human Capital, Structural Capital Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2017-2020.” Jurnal Akuntansi Profesi 11(2):330–38.

Asnanda, Wenny Septivani. 2020. “Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Organisasi (Studi Empiris Pada UMKM di Sumatera Barat).” Universitas Bung Hatta.

Astuti, Partiwi Dwi, dan Arifin Sabeni. 2005. “Hubungan Intellectual Capital dan Business Performance dengan Diamond Specification: Sebuah Perspektif Akuntansi.” Hal. 694–707 in Proceeding SNA VIII. Vol. 15. Solo.

Bontis, Nick, William Chua Chong Keow, dan Stanley Richardson. 2000. “Intellectual Capital and Business Performance in Malaysian Industries.” Journal of Intellectual Capital 7(December 1999):1–17.

Divianto. 2010. “Pengaruh Faktor-faktor Intellcetual Capital (Human Capital, Structural Capital dan Customer Capital) Terhadap Business Performance (Survey pada Perusahaan Swasta di Palembang).” Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis IV:81–99.

Fillat, Mathilde Tania. 2018. “Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Produktivitas Pada Perusahaan Perbankan Konvensional.” 1–14.

Leha, Miswar Wahyudi Nasir. 2020. “Pengaruh Human Capital, Structural Capital, Relational Capital dan Employee Engagement Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar.” AkMen 17(4):619–29.

Musdamayanti. 2016. “Pengaruh Intellectual Capital (Human Capital, Customer Capital, Structur Capital) Terhadap Business Performance pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).” Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nasrullah, Achmad, dan Erlina Sari Pohan. 2020. “Intellectual Capital Dan Spiritual Capital Terhadap Business Performance Pada Perusahaan Manufaktur Di Banten.” Jurnal Riset Akuntansi Tirtayasa 5(1):14–31.

Nurhayati, Siti. 2017. “Analisa Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Pasar dan Kinerja Keuangan Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2013.” Jurnal ASET (Akuntansi Riset) 9(1):133–72.

Pratiwi, Chindi Tia. 2020. “Analisis Pengaruh Intelectual Capital (Human Capital Efficiency, Capital Employed Efficiency, Structural Capital Efficiency ) Dan Inflasi Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah.” Universitas Muhammadiyah Magelang, Magelang.

Putra, Martin Sari. 2017. “Pengaruh Human Capital, Structural Capital, Customer Capital dan Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2012-2015).” e-Journal: S1 Ak. Universitas Pendidikan Ganesha 7(1):10.

Rahmani, Nadhira Hafsa. 2016. “Pengaruh Corporate Social Responsibility, Human Capital, Customer Capital, dan Structural Capital Terhadap Kinerja Perusahaan.” Universitas Trisakti.

Salsabila, Syarifah. 2018. Pengaruh Human Capital, Customer Capital dan Technological Capital terhadap Kinerja Bisnis (Studi Kasus pada UMKM Kuliner di Jalan Setia Budi Medan). Medan.

Saragih, Afni Eliana. 2017. “Pengaruh Intellectual Capital (Human Capital, Structural Capital dan Customer Capital) Terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” JRAK 3(1):1–24.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Victoria. 2020. “Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Perusahaan.” Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan II(2):428–38.

Wirawan, Septiadi. 2017. “Pengaruh Human Capital, Structural Capital dan Customer Capital Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Tabalong.” Jurnal PubBis 1(2):387–404.

Zuliyati. 2017. “Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kabupaten Kudus).” Jurnal Akuntansi dan Keuangan 6(2):181–200.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.15079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo