Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo)

Yazid Bustomin Pautina, Yulinda L Ismail, Zulfia K Abdussamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online shopee, 2) pengaruh kemudahan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online shopee, 3) pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online shopee. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling yaitu sebanyak 93 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi mahasiswa manajemen fakultas ekonomi universitas negeri Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t (parsial) 1) kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai t hitung 3.052 > t tabel 1.986, 2) kemudahan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai t hitung 7.362 > t tabel 1.986, sedangkan hasil penelitian uji F menunjukkan F hitung 63.844 < F tabel 3.10 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya kepercayaan dan kemudahan secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian pada aplikasi belanja online shopee. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 58,7% dikategori cukup, dapat disimpulkan bahwa 3) kepercayaan dan kemudahan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online shopee sedangkan sisanya 41,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel harga, promosi, kualitas informasi serta variabel moderasi seperti corporate image.

Keywords


Kepercayaan; Kemudahan; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amin dan Hendra. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada.co.id. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Assauri, Sofjan. (2015). Manajemen Pemasaran (Edisi 1). Jakarta : Rajawali Pers

CNN Indonesia. (2021, Oktober 15). “Kominfo Catat Kasus Penipuan Online Terbanyak: Jualan Online”.Retrived from cnnindonesia.com:https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211015085350-185-708099/kominfo-catat-kasus-penipuan-online-terbanyak-jualan-online.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasdani, Nasir, M., & Burhanuddin. (2021). Persepsi Kemudahan Penggunaan Aplikasi Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Users. 1(3), 187–196.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Pearson Education Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga

Malau Harman. 2016. Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta, CV

Sukawati. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Internet Di Kota Makassar Sukawati. Phinisi Integration Review, 1(2), 190–200

Suranto 2011 (Aw, Suranto. 2011, Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta : Graha Ilmu)

Tampubolon, V. T., & Prabawani, B. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Manfaat Terhadap Penggunaan Aplikasi Pertamina Go Di Kota Semarang (Survey Pada Pengguna Apllikasi Pertamina Go Di Kota Semarang). Japanese Journal of Allergology, 7(3), 1–7.

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440–456. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.06




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo