Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Hino (Studi Kasus Pada PT. Nenggapratama Prima Nusantara Gorontalo)

Raflin Hinelo, Umin Kango, Wahyu Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada konsumen Produk Mobil Hino di Kota Gorontalo. Data yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden yang dianggap memenuhi standar sampel yang telah ditentukan. Data dalam penelitian ini merupakan data primer. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 responden. Jenis metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari promosi terhadap keputusan pembelian Produk Mobil Hino di PT. Nenggapratama Prima Nusantara Gorontalo. Besarnya koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,604. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 60,4% variabilitas keputusan pembelian Konsumen Produk Mobil Hino pada PT. Nenggapratama Prima Nusantara Gorontalo dapat dijelaskan oleh promosi yang dilakukan oleh perusahaan, sedangkan sisanya sebesar 39,6% dapat dijelaskan oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variable lain tersebut yakni Produk, Harga, Lokasi, Orang dan lain sebagainya.

Keywords


Promosi; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Bob Foster. (2016). The Impact ofBrand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product Amidis, Journal of humanities and social sciences Vol 2, No11.

Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Henry Simamora. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gramedia, Jakarta.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13.Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

Mutia, N. (2020). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Di Dealer Wuling Bekasi Summarecon. S1 Manajemen, 1-24.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo