Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Popalo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara

Erfina Simbala, Fitri Hadi Yulia Akib, Usman Moonti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di desa Popalo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang baik dapat dilihat dari keberhasilan para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Popalo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara dari proses pemasarannya sudah baik namun saat pandemi covid-19 para pelaku usaha dituntut untuk lebih kreatif dalam memasarkan produk secara online. Penggunaan teknologi masih kurang baik ditandai dengan 2 pelaku usaha yang mempunyai keahlian mengoperasikan dan memiliki computer, empat diantaranya tidak memiliki computer akan tetapi mereka mempunyai keahlian mengoperasikan computer selain itu di Desa Popalo sendiri merupakan wilayah yang sulit mengakses jaringan internet. Sumber daya manusia (SDM) masih kurang baik dilihat dari tingkat pendidikan pelaku usaha hanya 2 orang yang memiliki tamatan S1 dan sisanya dibawah SMA/SMK.

Keywords


Kinerja; UMKM; Desa Popalo

Full Text:

PDF

References


Aribawa, Dwitya. 2016. “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan UMKM Di Jawa Tengah”. Jurnal Siasat Bisnis. Volume 20, Nomor 1. (hlm 1-13).

As-Salam. 2020. Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan. Volume 9, Nomor 2 (2020): Pandemi Covid 19

Bank Indonesia, LPPI. 2020. Ringkasan Eksekutif Profil Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta: Profil Bisnis UMKM.

Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Boyd, Harper W. 2000. Manajemen Pemasaran “suatu pendekatan strategis dengan orientasi global”, Jakarta: Erlangga.

Hinelo, R., & Tantawi, R. (2022). Creative Economy Development : Survey in Boalemo. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(5), 485–493.

Lathifah Hanim, MS. Noorman (2018). UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) & Bentuk-bentuk Usaha, UNISSULA PRESS.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Moeheriono, 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurhayati, (2021). “Usaha Mikro Kecil Menengah”. Diakses dari https://proceedings.uinsgd.ac.id pada 21 Januari 2022.

Ozkan Mashun 16 (6), 2006. Firm Performance and Wages, Journal of Business Research.

Pandji Anoraga, Ekonomi Isalam Kajian Makro dan Mikro, (Yogyakarta : PT. Dwi Chandra Wacana 2010).

Prihatin, Eka. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Riyanti Idayu, Mohamad Husni, Suhandi, (2021).beberapa catatan tentang “Pengembangan UMKM”. Diakses dari E-ISSN pada 21 Januari 2022.

Ririn Noviyanti Putri, (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Diakses dari https://ji.unbari.ac.id pada 21 Januari 2022.

Sarmigi, E. (2020). Analisis Pengaruh Covid-19 Terhadap Perkembangan UMKM Di Kabupaten Kerinci. Jurnal Al-Dzahab, Volume 1,3.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suyadi Prawirosentono. (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia (Kebijakan Kinerja Karyawan), Kiat Membangun Organisasi Kompetitif menjelang Perdagangan Bebas Dunia, Edisi Pertama. Yogyakarta; BPFE

Tulus T.H Tambunan, (2002). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Undang-undang Nomor. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil Menengah, Jakarta.

Utari, Tri Dewi, Ni Putu Martini. (2022). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. Diakses dari https://scholar.google.com

Veithzal Rivai, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek, Rajagrafindo persada, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo