Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Moya Shop Kota Gorontalo

Chahyani R Mootalu, Rizan Machmud, Djoko Lesmana Radji

Abstract


Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Moya shop Kota Gorontalo. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Besarnya sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Moya Shop Kota Gorontalo. Nilai t dalam penelitian ini adalah 4.336. Hal ini menunjukkan jika t hitung lebih besar dari t tabel maka hipotesis diterima atau (4.336 > 1.661). Nilai R square dalam penelitian ini adalah besaran pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 0.165 atau 16,5% sedangkan 83,5% dipengaruhi oleh variabel lain seperti, penetapan harga, mutu produk, pengalaman berbelanja yang menyenangkan, dan testimoni orang lain.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2010). Pengaruh Diferensiasi Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Islam Gorontalo.

Agustin, Sasi, Budiyanto, Mochamad Ridwan. 2011. Kepuasan Pelanggan Memediasi Hubungan Store Image dan Ekspektasi Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekuitas, Vol. 15. No. 3: 396 – 415.

Alamri, Zedzaky M., Niode, Yanto Idris., Machmud, R. (2015). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Mandiri, tbk Cabang Gorontalo.

Ali Hasan. 2014. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: PT. Buku Seru.

Chikmiah, Maslachatul.2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Binis Ritel Syariah 212 Mart (Studi Kasus pada 212 Mart Pondok Jati Sidoarjo). Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Cucu Sumartini, L., & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118.

Hidayat, Emir Muhhamad. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Kuliner Di Palangka Raya. Skripsi. Palangka Raya: IAIN Palangka Raya

Kotler, P. dan G. Amstrong. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Millenium. Alih Bahasa oleh Hendra Tegur. Prehalindo, Jakarta.

Kotler, P. dan G. Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Erlangga. Jakarta. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Indeks.

Radji Lesmana Djoko (2009); Hubungan Citra Merek, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Bisnis & Manajemen.

Ranto, D. W. (2017). Pengaruh Citra Tokoh Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Di Yogyakarta. JBMA 4, 1-4.

Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (6th ed.). Alfabeta.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayumedia Publishing.

Wahyu, R. (2019). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Masyarakat Kota Banda Aceh. Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics, 26(3), 1–4.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo