Peran Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM Tinelo Putri Di Desa Popalo Kabupaten Gorontalo Utara Kecamatan Anggrek

Dewi Shanti Meyske Karim, Abd Rahman Pakaya, Djoko Lesmana Radji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran media sosial sebagai media promosi dalam peningkatan pemasaranproduk (UMKM) usaha kuliner di Desa Popalo Kabupaten Gorontalo Kecamatan Anggrek.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan dan kesimpulan (verifikasi hasil penyusunan). Hasil penelitian menunjukan bahwa menurut informan, bahwa penggunaan media sosial sebagai media promosi sangatlah penting bagi peningkatan pemasaran produk (UMKM) usaha kulinerdalam pemasaran secara online khususnya usaha-usaha kuliner yang tergolong relatif masih kecil.

Keywords


Peran Media Sosial; Pemasaran Produk UMKM

Full Text:

PDF

References


Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31.

Alfian, J., & Soelaiman, L. (N.D.). Pengaruh Teknologi, Organisasi, Dan Lingkungan Eksternal Terhadap Kinerja Bisnis Umkm Di Jakarta Melalui Adopsi Media Sosial Sebagai Variabel Mediasi. I(4), 890–899.

Area, R., Lathifah, Z., & Lubis, D. P. (2013). HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN. 16(1), 75–88.

Agustien Tri Wulan. (N.D.). Analisis Penggunaan Media Online Sebagai Media Promosi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah.

Agustin, F. F., Amin, M., Irwansyah, M., & Junaidi, H. (2021). Pemanfaatan Media Social Dalam Pemasaran Produk UMKM: Studi kasus Pelaku UMKM Di Desa Sidodadi. 03(2), 49–54.

Bagas, A., Irianto, P., Studi, P., Informatika, T., Industri, F. T., Atma, U., Yogyakarta, J., & Sosial, M. (2003). Pemanfaatan Social Media Untuk Meningkatkan Market Share UKM Abstrak. 1–12.

Efarina, U. (2021). Meninjau Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis Sektor UMKM. 165–179.

Fidela, A., Pratama, A., & Nursyamsiah, T. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya Di Desa Jambu, Kabupaten Sumedang Development Of Micro Small And Medium Enterprises (Smes) With The Marketing Program Of Guava Village In Jambu Village, Sumedang District. 2(3), 493–498.

Haryanto, R., Pebriyanto, A., & Banjarmasin, P. N. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi. 2.

Haryani, D. S., & Fauzar, S. (2021). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada UMKM Chacha Flowers. Jurnal Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 4(1), 12–20.

Informasi, D. A. N., Generasi, P., & Di, M. (2019). Peranan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi.

Kaplan & Haenlein, (2010) Association of Education and Communication Technology (AECT).

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram Pada Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2), 239.

Kotler & Amstrong (2016) Peran Media Sosial Dalam Pemasaran UKM. 01(01), 21–43.

Kusuma, J., No, B., Pekalongan, K., & Tengah, J. (2020). Di Tengah Dampak Covid-19.

Lestari, N. I., Iswati, H., Raya, U. S., & Luhur, U. B. (2021). Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis The Effect Of Smes Product Quality And Social Media On Repurchase Interest Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis. 6(1), 24–40.

O’Reilly (2005) Media socialplatform yang mampu memfasilitasi sebagai kegiatan seperti mengintergrasikan situs web. Bandung, 7(1), 47–61

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39.

Ratnasari, A., Hamdan, Y., & Julia, A. (2015). Anne Ratnasari, 2 Yusuf Hamdan, 3 Aan Julia. 509–516.

Rahmadanti, A. R., Aditasari, K., & Wibawa, B. M. (2021). Efektivitas Strategi Iklan dengan Menggunakan Instagram Ada untuk Meningkatkan Penjualan dan Branding Produk: Studi Kasus Privet.id. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 10(1), 112–117.

Simmons, Armstrong & Durkin, (2008). Suatu usaha yang hanya memiliki ruang lingkup pasar yang kecil, tenaga kerja yang sedikit, dan dikelola sendiri oleh pemilik usaha

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (N.D.). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. 4(1), 41–48.

Studi, P., Informasi, S., Informasi, J. S., Komputer, F. I., & Brawijaya, U. (2021). Analisis Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Jayapura Papua.

Tjhin, S., Matahari, T., Arsyadi, R., Josef, M., & Budi, R. (2021). Strategi Branding: Peran Media Sosial Dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui UKM. 01(01), 21–33.

Tamala, E. V. I. (2020). Upaya Peningkatan Kondisi Keuangan Umkm Dengan Model Qspm (Studi Kasus Pada Umkm Lima Sarana Bersih) Skripsi Program Studi Manajemen Model Qspm (Studi Kasus Pada Umkm Lima Sarana Bersih).

Tambunan, T. T. H. (2016). Development Of Micro, Small And Medium Enterprises And Their Constraints: A Story From Indonesia. 13(1), 2143.

Umkm, M., Kecamatan, D. I., Kota, P., Aristika, W., & Hartono, W. J. (2020). Data Mining. 11, 2389–2395.

Yunandi & Wiwik (2018) Persaingan secara global bagi UMKM. 14, 7 4-84

Wahana, A. (2018). Analisis Pemanfaatan Instagram sebagai media Pemasaran Bagi UMKM. Jurnal Dinamika Informatika, 7(2), 65–71.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo