Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Pengambilan Keputusan (Decision Making) Di Perum Bulog Gorontalo

Moh. Syahrul, Robiyati Podungge, Agus Hakri Bokingo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi manajemen terhadap pengambilan keputusan di PERUM BULOG Gorontalo. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Besarnya sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh sistem informasi manajemen terhadap pengambilan keputusan pada PERUM BULOG Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t diketahui bahwa nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,063>1,770) sedangkan untuk nilai signifikan sistem informasi manajemen adalah lebih kecil dari 0,05 (0,01 < 0,05). Berarti Ha di terima dan Ho di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel sistem informasi manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan. Hasil pengujian koefisien determinasi (R²) variabel pengambilan keputusan dapat dijelaskan oleh variabel sistem informasi manajemen sebesar 0,559 atau 59,9% sedangkan sisanya 0,441 atau 44,1% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam model regresi penelitian ini.

Keywords


Sistem Informasi Manajemen; Pengambilan keputusan

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji.2011. Pengantar Bisnis Pengelola Dalam Era Globalisasi, Jakarta: Rineka Cipta

Dan, R., Bidang, T., Daya, S., & Dan, M. (n.d.). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt . Pln ( Persero ) Distribusi Jakarta.

Davis, Gordon B. 1999. Management Information Systems. Blackwell Business

Diana, Anastasia dan Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Andi Offset.

Engel, James F., Blackwell, Roger D. & Miniard, Paul W. 1995. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: F. X. Budiyanto, Jilid I, Binarupa Aksara, Jakarta.

Faraqi, Fahmi. 2015. Pengaruh Kelompok Referensi dan Efikasi Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Memilih Jurusan Kedokteran Siswa Kelas XII IPA SMA N 1 Samarinda. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Vol. 4, No.1. Hal 731 – 740. Samarinda : Universitas Mulawarman

Fung Jen, T. (2002). Analisis Faktor faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan TI dan Pengaruh Pemanfaatan TI terhadap Kinerja Akuntan Publik (Doctoral dissertation, Tesis, S2 Akuntansi, UGM).

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. BPFE

Hasibuan, Malayu. 2011. Manajemen. Jakarta: BumiAksara

Isalman, Yusuf, A. R., & I., F. R. (2019). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Facebook Group Kendari Jual Beli Cepat (Kjbc). Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora - InoBali,1134–1142.

Kumorotomo, W. (1990). Sistem Informasi Manajamen Dalam Organisasi Publik. Gajah MUda University Press.

Krismiaji. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Lipursari, A. (2013). Kata kunci : 5(1), 26–37.

Moekijat. 2005. Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Mandar Maju.

Raminda, A. N. A., & Ardini, L. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kepuasan Pengguna ACCURATE terhadap Kinerja Individu. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(9),

Santosa, T. D. (2014). Faktor - Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Sistem Informasi Manajemen (Studi Kasus STMIK Duta Bangsa Surakarta). DutaCom, 7(2).

Simangunsong, Bonar, 1991. Sistem Informasi Manajemen. Panelindo. Jakarta

Sudjiman, P. E. S. dan L. S. (n.d.). Komputer Dalam Proses Pengambilan Keputusan Computer Based Management Information System.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (6th ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Terry George, R. Prinsip—prinsip manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

George R.Terry dan Brinckloe. (2010). Dasar-Dasar Pengambilan Keputusan

Wahyu, R. (2019). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Masyarakat Kota Banda Aceh. Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics, 26(3), 1–4.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo