Pengaruh Kepemimpinan Strategi Dan Modal Intelektual Terhadap Keunggulan Bersaing

Juldin Gobel, Abd. Rahman Pakaya, Endi Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Strategi dan Modal Intelektual Terhadap Keunggulan Bersaing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pemilik atau manejer perusahaan café dan Restoran di Kota Gorontalo. Sampel dalam penelitian mengambil sampel sampel jenuh dari jumlah populasi sehingga sampel berjumlah 40 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan 1) kepemimpinan strategi berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, 2) modal intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan 3) kepemimpinan strategi dan modal intelektual secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 60,5% yang berarti variabilitas keunggulan kompetitif dapat dijelaskan oleh kepemimpinan strategi dan keunggulan bersaing sebesar 60,5%.

Keywords


Kepemimpinan Strategi; Modal Intelektual; Keunggulan Bersaing

Full Text:

PDF

References


Amirullah dan Haris Budiyono. 2004. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu

Anugrah, I. W., & Wetan, K. B. (2017). UKM Café dan Restoran. 3(3), 78–88.

Cahyati, A. D. (2012). Intellectual Capital: Pengukuran, Pengelolaan Dan Pelaporan. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi & Komputerisasi Akuntansi, 3(01). https://doi.org/10.33558/jrak.v3i1.144

David L. Morgan (2015); Intergrating Qualitative & Quantitative Methods; Pragmatik Approach; Sage, Los Angels, London

Han, & Goleman. (2019). Pengaruh keunggulan bersaing dan Kinerja Usaha terhadap Orientasi Pasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Helmiatin, H. (2015). Optimalisasi Peran Modal Intelektual Terhadap Kinerja Karyawan. Etikonomi, 14(1), 51–68. https://doi.org/10.15408/etk.v14i1.2263

Jahidi, I., & Hafid, M. (2017). Transformasional Leadershif Dan Servant Leadership: Tantangan Kepemimpinan Dalam Menghadapi Era Global. CosmoGov, 3(2), 219. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v3i2.14730

Kadarningsih, A. (2013). Keunggulan Bersaing; Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dan Dampaknya pada Kinerja Selling-In. Media Ekonomi & Teknologi Informasi, 21(1), 01–18.

Mulyana, M., & Sutapa, S. (2014). Peningkatan Kapabilitas Inovasi, Keunggulan Bersaing dan Kinerja melalui Pendekatan Quadruple Helix: Studi Pada Industri Kreatif Sektor Fashion. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(3), 304–321. https://doi.org/10.12695/jmt.2014.13.3.5

Nurhanifah, R. (2014). Pengaruh Intellectual Capital Dan Keunggulan Kompetitif Terhadap Kinerja Keuangan. Skripsi, 25–27

Pasar, P. O., Terhadap, B., & Pemasaran, K. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114–123. https://doi.org/10.15294/jeec.v6i2.19297

Sugiono, E., Efendi, S., & Sumardi, R. (2019). Peran inovasi sebagai mediasi hubungan antara modal intelektual dengan keunggulan bersaing ukm. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 4, 543–556.

Triyana, U., & Setiawardani, M. (2017). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Industri Kreatif Sektor Usaha Minuman Thai Tea Di Kota Bandung. Industrial Research Workshop and National Seminar, 40012, 1004–1015.

Tucker, L. (2013). Strategic leadership. Strategic Sport Development, 197–216. https://doi.org/10.4324/9780429430794

Agyapong, A., & Boamah, R. B. (2013). Business strategies and competitive advantage of family hotel businesses in Ghana: The role of strategic leadership. Journal of Applied Business Research (JABR), 29(2), 531- 544.

Ireland, R., & Hitt, M. (2008). Achieving and Maintaining Strategic Competitiveness in the 21st century: the role of strategic leadership. Academy of Managerial Executive, 19.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i2.16551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo