Komparasi Kinerja Pegawai Sebelum Dan Sesudah Mengikuti Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Pada Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo

Agus Hakri Bokingo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji komparasi Kinerja Pegawai Sebelum dan Sesudah Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner serta data sekunder dari dokumen yang diperoleh dari instansi tersebut. Sampel yang digunakan dalam pengumpulan data primer adalah sebanyak 37 responden dari pegawai instansi tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Uji Beda (Paried Sampel Test). Berdsarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan Sebelum dan Sesudah Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (diklat) dari nilai rata-rata sebesar 5,51351 dan nilai t sebesar 7,665 dengan tingkat signifikan r Value 0.000 <α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kinerja pegawai sebelum dan sesudah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (diklat).

Keywords


Kinerja; Pendidikan dan Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Derwanto dan Bintoro. (2014). Manajemen Diklat. Yokyakarta: Gava Media

Femica Maydinda Harend, dkk. (2020). Komparasi Kinerja Pegawai Sebelum dan Sesudah Mengikuti Diklat Pada Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Gorontalo, 3 (1), 7–12.

Hasibuan, Malayu. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Askara.

Manulang, Ida. M. (2018). Perbandingan Kinerja Karyawan Sebelum Dan Sesudah Asia Cabang Medan, 18 (2), 114–133.

Nasution, Yunita. (2018). Analisis Perbedaan Kinerja Karyawan Sebelum Dan Sedudah Pelatihan Pada PT.Bank Rakyar Indonesia, TBK Kantor Cabang Serui, 5(3), 3780–3788.

Pakpahan, Edi Saputra. (2014). Pengaruh penidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai (studi pada badan kprgwaian darah kta malalang). Malang: Universits Brawijaya.

Samsudin, Sadili. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia

Simammora, Henry. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yokyakarta: STIE YKPN.

Umar, Tirtarahardja. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, Yunita. (2018). Analisis Perbedaan Kinerja Karyawan Sebelum Dan 91 Sedudah Pelatihan Pada PT.Bank Rakyar Indonesia, TBK Kantor Cabang Serui, 5(3), 3780–3788.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo