Analisis Harga Pada Minat Konsumen Dalam Berlangganan Netflix Pasca Pandemi
Abstract
Pandemi COVID-19 merupakan bencana yang membawa banyak perubahan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Tidak terkecuali industri perfilman dunia yang membuat masyarakat mencari alternatif hiburan yaitu dengan menonton film atau serial melalui layanan streaming yang mudah untuk diakses. Platform layanan streaming video mendunia adalah Netflix. Konsumen dapat membeli paket langganan untuk menikmati fasilitas video yang disediakan Harga berlangganan Netflix relatif lebih tinggi dibandingkan perusahaan jasa sejenis. Netflix mengalami penurunan jumlah pelanggan yang disebabkan oleh harga paket langganan yang dirasa sangat memberatkan konsumen. Namun Netflix tetap menjadi layanan streaming video paling populer di dunia. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan studi literatur. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh harga dengan minat konsumen berlangganan Netflix dan menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi minat konsumen dalam berlangganan Netflix. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh dengan minat konsumen dalam berlangganan Netflix Pasca Pandemi selain itu ada lima faktor yang dapat mempengaruhi minat konsumen dalam berlangganan netflix yaitu, perbedaan pekerjaan, perbedaan sosial ekonomi, perbedaan hobi dan kegemaran, perbedaan jenis kelamin dan perbedaan usia yang perlu untuk dipenuhi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alif Karnadi. (2022a). Ini Daftar Harga Streaming Video dari Netflix hinggan HBO GO. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/ini-daftar-harga-streaming-video-dari-netflix-hingga-hbo-go
Alif Karnadi. (2022b). Rentang Harga Langganan Platform Streaming Video per Bulan. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/ini-daftar-harga-streaming-video-dari-netflix-hingga-hbo-go
Alkatiri, S., Tumbel, A. L., Roring, F., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2017). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Matahari Departement Store Manado Town Square the Effect of Ad Attractiveness and Discounts on Consumer Buying Interest on Matahari Departement Store Manado Town Square. Jurnal EMBA, 5(2), 17811792.
https://media.neliti.com/media/publications/131371-ID-none.pdf
Annur, C. M. (2022). Aplikasi Video on Demand (VoD) Paling Banyak Digunakan di Indonesia. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/29/netflix-aplikasi-video-on-demand-paling-favorit-di-indonesia
Caroline Saskia. (2022). Pelanggan Netflix Diprediksi Semakin Berkurang, Mahalnya Harga Paket Jadi Penyebab. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2022/09/26/11450017/pelanggan-netflix-diprediksi-semakin-berkurang-mahalnya-harga-paket-jadi?page=all
Cindy Mutia Annur. (2022). Aplikasi Video on Demand (VoD) Paling Banyak Digunakan di Indonesia. Databooks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/29/netflix-aplikasi-video-on-demand-paling-favorit-di-indonesia
Della Hilia Anriva. (2021). MENYIKAPI KEADAAN DAN ISU EKONOMI SELAMA PANDEMI. https://feb.umri.ac.id/menyikapi-keadaan-dan-isu-ekonomi-selama-pandemi/
Dharasta, A. (2017). Pengaruh penetapan harga dan promosi terhadap tingkat penjualan tiket ( studi kasus pada jasa travel agent di wilayah Yogyakarta ). Jurnal Manajemen Dirgantara, 10(2), 4857.
Djamzuri, M. I., & Mulyana, A. P. (2022). Fenomena Netflix Platform Premium Video Streaming membangun kesadaran cyber etik dalam perspektif ilmu komunikasi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 22472254. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2804
Fatimah Kartini Bohang. (2016). Akhirnya Masuk Indonesia, Netflix Itu Apa? Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2016/01/07/13085347/Akhirnya.Masuk.Indonesia.Netflix.Itu.Apa
Faustinus Nua. (2021). Terdampak Pandemi, Industri Film Indonesia Harus Diselamatkan.
Febrina, D. (2021). Eko dan Bisnis (Riau Economics and Business Review) Volume 12, Nomor 2, 27 Juni 2021. file:///C:/Users/USER/Downloads/331-772-1-SM.pdf
Hidayati, N. (2022). Pengaruh e-service quality dan harga terhadap kepuasan pelanggan Netflix. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1), 17.
Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 2734.
Kosanke, R. M. (2019). ??No Title No Title No Title. 2, 112.
Layanan, P. K., Dan, K. P., Bisnis, I., & Kian, K. (2017). EIGHT DEGREES SOUTH RESTAURANT.
Malia, Y. N., & R, G. N. K. M. (n.d.). PANDEMI PERSPEKTIF EKONOM ISLAM.
Monavia Ayu Rizaty. (2022). Jumlah Pelanggan Berbayar Netflix (Q4 2019 - Q4 2021). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/24/pelanggan-netflix-dunia-capai-22184-juta-pada-kuartal-iv-2021
Netflix: Mengapa banyak orang berhenti berlangganan layanan streaming ini. (2022). Bbc.Com. https://www.bbc.com/indonesia/articles/ce9j1y811v2o#:~:text=Di Indonesia%2C persaingan antar layanan,dengan jumlah 850 ribu pelanggan
Purbohastuti, A. wahyuni, & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 3746. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2480
Saori, R. F. (2018). Pemanfaatan Streaming Media Netflix saat Pandemi. 9699.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. 8(1), 147155. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/viewFile/4870/pdf
Selly. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Metal Makmur Mandiri. Skripsi, 13. http://repositori.buddhidharma.ac.id/767/1/SKripsi Full Bab 1-5.pdf
Survei Nakono. (2020). Estimasi pelanggan streaming aktif Netflix Indonesia, 2017-2020. Lokadata.Beritagar.Id. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/estimasi-pelanggan-streaming-aktif-netflix-indonesia-2017-2020-1565341046
Suryanto. (2020). Layanan streaming, tantangan dan peluang perfilman Indonesia. Kantor Berita Indonesia. https://www.antaranews.com/berita/1776245/layanan-streaming-tantangan-dan-peluang-perfilman-indonesia
UNDIP, K. (2021). PANDEMI COVID-19 BELUM BERAKHIR! MAHASISWA KKN TIM I UNIVERSITAS DIPONEGORO MEMBANTU PENDAMPINGAN DIGITALISASI DAN PEMASARAN UMKM BATIK DI DUKUH PILANG. KKN UNDIP. https://kkn.undip.ac.id/?p=298818
Vika Azkiya Dihni. (2022). Jumlah Pelanggan Netflix (Q2 2021-Q2 2022). Databooks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/23/pelanggan-netflix-berkurang-hingga-970-ribu-di-kuartal-ii-2022
Yosepha Pusparisa. (2020a). Pelanggan Netflix Naik 15,8 Juta di Tengah Pandemi Covid-19. Databooks.Katadata.Co.Id.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/04/24/pelanggan-netflix-naik-158-juta-di-tengah-pandemi-covid-19
Yosepha Pusparisa. (2020b). Saat Bioskop Tak Beroperasi, Ini Hiburan Pilihan Masyarakat. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/23/saat-bioskop-tak-beroperasi-ini-hiburan-pilihan-masyarakat
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.