Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Layanan IndiHome pada PT Telkom Indonesia Witel Riau Daratan Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan variasi produk terhadap keputusan pembelian layanan IndiHome pada PT Telkom Indonesia Witel Riau Daratan di Pekanbaru. Penelitian berjenis explanatory research dengan metode deskriptif kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang ditentukan menggunakan accidental sampling dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan instrumen penelitian sudah dipastikan kelayakannya melalui uji validitas, uji reliabel, dan uji asumsi klasik. Diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan (X1) berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian (Y), variasi produk (X2) berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian (Y), dan kualitas pelayanan (X1) dan variasi produk (X2) secara simultan berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian (Y).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angelyn, & Nainggolan, N. P. (2022). Pengaruh Lokasi, Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT Setia Jaya Batam. ECo-Buss, 4(3), 360–370. https://doi.org/10.32877/eb.v4i3.293
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. https://apjii.or.id/content/read/39/559/Laporan-Survei-Profil-Internet-Indonesia-2022
CNN Indonesia. (2022, July 4). Telkom Raup Pendapatan Rp72 T pada Semester I 2022. https://app.cnnindonesia.com/
Eriyanti, H., & Kusmadeni, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Supermarket di Pangkal Pinang. JEM: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang, 7(1), 1–14.
Firdiansyah, D., & Prawoto, E. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Variasi Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian (Studi pada Toserba Danareal Wonosobo Jawa Tengah). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 314–320. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i2.1747
Giles, M. (2022, June). Fixed Broadband Network Performance in Indonesia Falling Further Behind Regional Peers. Https://Www.Ookla.Com/Articles/Indonesia-Fixed-Broadband-Network-Performance-Q3-Q4-2021-2#bahasa-Indonesia.
Hair, J. F., Hult, G. T., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). SAGE Publications, Inc.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Jumrotun, S., & Heriyanto, M. (2019). Pengaruh Keberagaman Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mandiri Mart KUD Karya Bersama Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu). Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 6(2). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/24597/0
Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran. (B. Molan & B. Sarwiji, Eds.). Indeks.
Liputan6. (2021). Bank Dunia: Indihome Kuasai 87 Persen Pangsa Pasar Fixed Broadband. Https://Tinyurl.Com/33etruma.
Sari, G. N., Mistiyah, Rahmana, S., & Iis Noviyanti. (2021). Pengaruh Atribut Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Hokky Bersama Cabang Radio Dalam Jakarta Selatan. HUMANIS (Humanities,Management and Science Proceedings), 1(2), 443–452. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNH/article/view/11333
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Usman, H., & Akbar, P. S. (2017). Metodologi Penelitian Sosial (3rd ed.). PT Bumi Aksara.
Wicaksono, N. J. S., & Sutanto, J. E. (2022). The Impact of Product Variation, Product Quality, and Service Quality on Purchase Decision of Ko-Kopian Products. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(1), 573–580.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19292
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.