Antecedent of Customer E-Satisfaction in The Influence of E-Service Quality and Promotion Towards Customer Repurchase Intention

Muhammad Aisan Aqli, Mohammad Yudy Rachman

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan promosi terhadap minat beli ulang (repurchase intention) melalui e-satisfaction pada konsumen e-commerce Shopee di Banjarmasin. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasinya adalah masyarakat Banjarmasin yang pernah melakukan pembelian di aplikasi Shopee dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linear (linear regression) dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction. Kemudian e-service quality, promosi dan e-satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang (repurchase intention). Temuan lain di dalam penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh e-service quality dan promosi terhadap minat beli ulang (repurchase intention) aplikasi Shopee di Banjarmasin dapat melalui e-satisfaction.


Keywords


E-Service Quality; Promosi; E-Satisfaction; Minat Beli Ulang

Full Text:

PDF

References


Arsyanti, N. M., & Astuti, S. R. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Diponegoro Journal Of Management, Volume 5, Nomor 2, Halaman 1-11.

Bulut, Z. A. (2015). Determinants Of Repurchase Intention In Online Shopping: A Turkish Consumer’s Perspective. International Journal of Business and Social Science, Vol. 6, No. 10.

Cronin, J., & Taylor, S. (1992). Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension. Journal Of Marketing, Vol. 56, No. 3 (Jul., 1992), pp. 55-68.

Dewa, C. B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Perspektif.

Fiona, D. R., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Promosi penjualan dan E-Service Quality terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada pelanggan Gopay di Jabodetabek). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Hartanto, R. (2018). Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Jasa Transportasi Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara.

Indriyani, F., & Helling, L. S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Website, Kepercayaan, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia., . Jurnal Riset Manajemen, Vol. 5, No. 1, hal 56 – 68.

Iprice. (2020). Peta Persaingan E-Commerce 2020. Retrieved from https://iprice.co.id/trend/insights/peta-persaingan-e-commerce-2020/

Islamiyah, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Pengguna E-Commerce Shopee Mahasiswa Universitas Islam Malang). . E – Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma.

Kominfo. (2019). Kominfo.go.id. Retrieved from Pertumbuhan E Commerce Indonesia: https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce%20indonesia-capai-78-persen/0/sorotan_media

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga.

Marwasari, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Olahan Buah Carica di Daerah Wonosobo. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sanata, 2018 repository.usd.ac.id. Repository Universitas Sanata Dharma.

Nurhayati, & Murti, W. W. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone. Majalah Ekonomi Dan Bisnis, https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/vadded/article/view/717.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. (2005). E-S-QUAL: a muliple-item scale for assessing electronic service quality. Journal of Service Research, Vol. 7 (3), page 213-34.

Similarweb. (2021). Retrieved from Top Apps Ranking: https://www.similarweb.com/apps/top/apple/store-rank/id/shopping/top-free/iphone/

Srinivasan, S. S., Anderson, R., & Ponnavolu, K. (2002). Customer loyalty in e-commerce: an exploration of its antecedents and consequences. Journal of Retailing, Vol. 78 (1), page 41-50.

Ting, O. S. (2016). E-Service Quality, E-Satisfaction and E-Loyalty of Online Shoppers in Business to Consumer Market; Evidence form Malaysia. . Moime : Material Science and Engineering.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo