Strategi Pengembangan Bisnis Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Heo Lubricant Di PT. Bina Pertiwi Dengan Analisis SWOT Dan QSPM

Claudio Fitrah Daeng Kuma, Trifandi Lasalewo, Abdul Rasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal bagi pihak perusahaan dalam divisi Sales and Branch Operation dan menentukan strategi pengembangan bisnis yang tepat bagi pihak perusahan untuk meningkatkan penjualan produk HEO Lubricant. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan QSPM. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan analisis matriks IFE diperoleh total skor 3,18 sedangkan analisis Matrix EFE sebesar 3,52. Hasil Matrix IE berada pada sel I yang disebut strategi tumbuh dan membangun, selain itu pada sel I terdapat strategi integratif yaitu integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Matriks SWOT menghasilkan 4 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan yaitu strategi S-O, strategi W-O, strategi S-T, dan strategi W-T. Berdasarkan hasil keputusan dari matriks QSPM alternatif strategi yang diprioritaskan adalah strategi S-O, dengan skor TAS sebesar 6,47.


Keywords


Strategi Pengembangan Bisnis; SWOT; QSPM

Full Text:

PDF

References


David, Fred R. “Strategic Management. Manajemen Strategis Konsep”. Edisi Keduabelas. Buku Satu Salemba Empat, Jakarta. 2009

Jeklin, A. (2016). Buku Pelumasan. July, 1–23.

Lasalewo, T., Masruroh, N. A., . S., Hartono, B., & Yuniarto, H. A. (2017). The Effect Of Competitive Advantage And Human Advantage On Industrial Competitive Strategy (Case Study: SMIs in Gorontalo Province). Journal of Indonesian Economy and Business, 31(1), 307.

Lasalewo, T. (2012). Perancangan Strategi Korporasi Industri Pakaian Jadi PT. XYZ Kota Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Industrialisasi Madura, 1(1), 1–6.

Widiyarini, W., & Hunusalela, Z. F. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM dalam Upaya Peningkatan Penjualan T Primavista Solusi. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 384.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo