Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo

Indri Maruf, Irwan Yantu, Andi Yusniar Mendo, Lisda L Asi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan desa terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Desa Bongo Kecamatan Batudaa   Pantai Kabupaten Gorontalo. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh penduduk Desa Bongo yang jumlah penduduknya 2251 jiwa.Pada penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung dari masyarakat Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis regresi dan hasil uji-t, diperoleh kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan masyarakat ditunjukkan dengan nilai thitung20.089 > ttabel 1.661 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya kualitas pelayanan secara statistik menjadi faktor yang berperan besar dalam mempengaruhi kepuasan masyarakat Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square Sebesar 0,811 atau 81,1% sedangkan sisanya 19,9% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti disiplin kerja, dan kompetensi karyawan.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Tingkat Kepuasan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Algifari. (2016). Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasa, Metode ImportancePerformance Analysis (IPA) dan Model Kano. BPFE.

Arsim, A. (2017). Pengaruh Pelayanan Administrasi Kependudukan oleh Perangkat Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Matenggeng Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(2), 236-245.

Dhion G Putra, R. N. T. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Blitar). Jurnal Administrasi Publik, 3(12).

E-Ktp Service At Public Administration and Civil Registration Office of Bogor District. Journal of Consumer Sciences, 3(2), 55. https://doi.org/10.29244/jcs.3.2.55-65

Eliza, Y. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Atas Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. 1(1), 105–112.

Fahmi Rezha, Siti Rochmah, S. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(5), 981–990.

Falah, S., Publik, D. A., Stadion, K., Sarabakawa, O., & Masyarakat, K. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Pamarang Kiwa Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. 3, 697–706.

Halim, F., Kurniullah, A. Z., Efendi, M. B., Sudars, A., Purba, B., Sisca, D. L., Mangiring, H., Permadi, A., & Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. In R. Watrianthos (Ed.), Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents (Vol. 5, Issue 2). Yayasan Kita Menulis.

Kantor Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. In Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar (Vol. 2). http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/WhitePaper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand

Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat Di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3523–3532. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21625

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis (Pertama). Graha Ilmu.

Lupiyoadi, R. (2004). Manajemen Perusahaan Jasa Teori dan Praktek. Salemba Empat.

Maryadi, T. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Muslimah Boutique Sungai Pagar. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14674

Ramadani, K. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada

Rizq, S., Djamaludin, M. D., & Nurhadryani, Y. (2018). Analysis of Service Quality Satisfaction of

Salim, M., Bachri, S., & Febliansa, M. R. (2018). Customer Satısfactıon (Publıc Satısfactıon) on Servıces in Admınıstratıve Vıllage Offıce. Asia Pacific Management and Business Application, 007(01), 17–30. https://doi.org/10.21776/ub.apmba.2018.007.01.2

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Tamara, N. I. E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat

Taufiqurokhman, & Satispi, E. (2018). Teori dan perkembangan manajemen pelayanan publik. In Umj Press 2018.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, Penelitian. Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, quality dan satisfaction (First edit). Andi Offset.

Vellayati, W. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik dan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Balai Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pamalang.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo