Pengaruh Faktor Pribadi Dan Sosial Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Kasus Pada Pembelian Tela-Tela Ubi di Bone Bolango)

Larasati Sukmadewi Wibowo

Abstract


Penelitian ini menguji pengaruh faktor pribadi, dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian ubi tela-tela. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli atau mengkonsumsi makanan ubi tela-tela di Fakultas Perranian, Universitas Negeri Gorontalo, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang membeli atau mengkonsumsi ubi tela-tela di Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo. Metode penelitian analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif menggunakan regresi berganda, uji t, uji F, uji R2, uji normalitas, uji Multikolinieritas, uji Heteroskedastisitas, dan uji Autokorelasi. Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian ini menunjukan bahwa variabel faktor pribadi (X1) mepunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan faktor (X2) mempunyai pengaruh postif namun tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Faktor Pribadi; Faktor Sosial; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Akdogan, L., Durucu, A., & Durmaz, Y. (2021). Cultural Factors Affecting Consumer Behavior: Social Class. International Journal of Research Publications, 79(1). https://doi.org/10.47119/ijrp100791620212033

Aliffia, A., Hanif, N., Aprilani, D., & Adistya, D. (2020). Pengaruh Faktor Budaya , Sosial , Pribadi Dan Psikologis ( Studi Kasus Pada Konsumen Ciplaz Mall Lampung Di Bandar Lampung ). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(4), 179–186.

Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.471

Engel, J. F., Blackwell, R. D., Miniard, P. W., Lo Binarupa, C., & Lara, A. (n.d.). PERILAKU KONSUMEN.

Ghoni, A., & Bodroastuti, T. (2012). Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap perilaku konsumen (studi pada pembelian rumah di perumahan griya utama Banjardowo Semarang). Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, 1(1), 1-23.

Hudani, A. (2020). Pengaruh faktor budaya, faktor social, dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(2), 99–107. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i2.195

Husna, N. El, Novita, M., & Rohaya, S. (2013). Anthocyanins Content and Antioxidant Activity of Fresh Purple Fleshed Sweet Potato and Selected Products. Agritech, 33(3), 296–302.

Musrif’an, & Hariyanto, J. (2020). The Influence of Cultural, Social, Personal, and Psychological Factors on Purchasing Decisions at Burger King Restaurant Salemba Raya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–21. http://repository.stei.ac.id/1572/2/Jurnal Musrif%27an %2821150600121%29 Inggris.pdf

Pangan, T. (2021). Laporan Tahunan Ditjen Tanaman Pangan.

Pratiwi, K., & Mandala, K. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis, Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kebaya Bordir Pada Jegeg Ayu Boutique Di Kuta. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(11), 3619–3645.

Putri Mardewi, Firmansyah Kusasi, R. K. (2019). Pengaruh faktor pribadi, faktor psikologis, dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian konsumen pada kentucky fried chicken (kfc) di kota tanjungpinang.

S Minchekar, V. (2022). Effect of Psychological and Cultural Factors on Consumer Behaviour. Current Research in Psychology and Behavioral Science (CRPBS), 3(1), 1–4. https://doi.org/10.54026/crpbs/1039

Susanti, G. A., Qomariah, N., & Anwar. (2017). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Cangkir Klasik Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(2), 154–167.

Susanto, A. B., Lapian, J., & Tumbuan, A. (2016). The Influence of Cultural, Social, Personal, and Psychological on Consumer Purchase Decision Study on Tonasa Cement Product in Manado City. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 198–206.

Yakup, D. (2014). The Impact of Psychological Factors on Consumer Buying Behavior and an Empirical Application in Turkey. Asian Social Science, 10(6), 194–204.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.21957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo