Studi Manajemen Kualitas Pada Sektor Konstruksi Gedung

Irika Widiasanti, Swaraswati Kemala Dewi, Bintang Akbar Adi Pradana, Fari Razan Hammadi, Nyssa Talitha Adhetri, Esa Aryo Kuncoro

Abstract


Proyek konstruksi memiliki beberapa tujuan salah satunya adalah kualitas yang akan dihasilkan oleh proyek tersebut berupa bangunan, jalan, jembatan, bendungan dan irigasi, berfokus pada konstruksi gedung yang mempunyai berbagai aspek untuk mewujudkan nilai kualitas yang bagus, hasil yang tidak sesuai dengan rencana dari pengelolaan kualitas menjadi permasalahan yang mendasar dalam proyek konstruksi sehingga dapat berdampak pada waktu dan biaya proyek. Kami menemukan kasus yaitu pengelolaan kualitas mutu dari material yang berantakan baik dari laporannya maupun dari pelaksanaannya. Analisis yang kami gunakan dalam kasus tersebut adalah dengan metode penelitian kuantitatif dengan teknik menganalisis deskriptif dari literature. Mehimpun leteratur yang akan kami gunakan dengan menyesuaikan judul yang kami angkat, kemudian memilah materi yang terdapat pada artikel, jurnal, buku (literature), memnghitung variabel kesamaan dari tiap literatur dan memberikan kesimpulan dari variable tersebut. Dengan nilai analisis yang kita lakukan dapat menghasilkan langkah efektif dalam pengelolaan kualitas proyek dan juga memberikan sudut pandang yang berbeda yaitu pada sudut pandang mahasiswa sehingga dapat menerapkan langkah – langkah yang sekiranya bisa dilakukan untuk mengatasi kualitas pada proyek, dapat memunculkan kebijaka kualitas, tujuan, serta tanggungjawab sehingga proyek dapat untuk mencapai tujuan pada proyek dengan baik dan juga dapat memberikan metode pekerjaan yang efisien dan maksimal.

Keywords


Manajement Kualitas; Pengaruh Management Mutu Kualitas; Project Management Body of Knowledge

Full Text:

PDF

References


A. K. och D. B. Fariadi, ”PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PENYELESAIAN PROYEK KONSTRUKSI, STUDI KASUS : PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT LAYANAN STROKE RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA 2020,” Seminar Keinsinyuran 2021, pp. 299-310, 2021.

Ahadi, ”Cara mengatasi pelaksanaan proyek terlambat,” 13 April 2013. [Online]. Available: https://www.ilmusipil.com/cara-mengatasi-pelaksanaan-proyek-terlambat. [Använd 26 Maret 2023].

F. A. R. och S. , ”ANALISA PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN LINGKUNGAN LOKASI KALIMANTAN BARAT,” Media neliti, pp. 1-16, 2016.

D. R. N. Purun, ”PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU SERTA HAMBATANNYA PADA PROYEK KONSTRUKSI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,” UAJY Library , pp. 6-18, 2022.

F. Nurodin, "MANAJEMEN WAKTU PROYEK (PROJECT TIME MANAGEMENT)," 15 Oktober 2019. [Online]. Available: http://fahminurodin.blog.widyatama.ac.id/2019/10/15/manajemen-waktu-proyek-project-time-management/#:~:text=Ada%206%20proses%20utama%20yang%20dilibatkan%20dalam%20project,5.%20Develop%20Schedule%20...%206%206.%20Control%20Schedule. [Accessed 27 Maret 2023].

F. Redana, ”ANALISA KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN JACKET STRUCTURE,” TUGAS AKHIR (MO141326), pp. 1-15, 2016.

S. K. och U. C. , ”ANALISIS KONSULTAN MANAJEMEN KONSTRUKSI TERHADAP PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU PADA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT DI JAWA TENGAH,” Jurnal NeoTeknika, pp. 1-7, 2019.

Y. C. Pandeiroth, ”Analisa Penerapan Manajemen Waktu Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi Di Kota Manado,” Jurnal Sains dan Teknologi, Universitas Negeri Manado, pp. 323-331, 2018.

SEKRETARIAT DIREKTORAT JENDERAL, "Penerapan Sistem Manajemen Proyek di PUPR akan ditindaklanjuti Menjadi Regulasi," 27 Juli 2016. [Online]. Available: https://binakonstruksi.pu.go.id/informasi-terkini/sekretariat-direktorat-jenderal/penerapan-sistem-manajemen-proyek-di-pupr-akan-ditindaklanjuti-menjadi-regulasi/. [Accessed 27 Maret 2023].




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo