Pengaruh Brand Image, Persepsi Kualitas Dan WOM Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung

Venny Erisca, Muh Jalari

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki dan menilai dampak dari persepsi merek, kualitas yang dirasakan, dan kata-dari-mulut pada pembelian smartphone di bawah merek Samsung. Konsumen melanjutkan ke tahap keputusan pembelian setelah memilih salah satu dari beberapa pilihan alternatif, di mana mereka menentukan apakah akan membeli produk atau jasa atau tidak. Menurut populasinya, penelitian ini menggunakan pelanggan yang pernah membeli dan menggunakan smartphone Samsung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data primer dan kuesioner yang digunakan untuk pengumpulan data merupakan sumber informasi untuk penelitian ini. Purposive sampling digunakan, dengan jumlah sampel 100 responden. Menggunakan IBM SPSS 25 sebagai alat analisis, uji validitas dan reliabilitas hipotesis dan asumsi konvensional. Menurut temuan penelitian, persepsi kualitas dan promosi dari mulut ke mulut berdampak besar pada keputusan konsumen untuk membeli ponsel Samsung, tetapi citra merek tidak memiliki dampak yang terlihat. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa brand image, perceived quality, dan word-of-mouth mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 69,8% dan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini sebesar 30,2% sisanya, dengan koefisien determinasi (Adjusted R Square) menjadi 0,698.

Keywords


Brand Image; Persepsi Kualitas; Word Of Mouth

Full Text:

PDF

References


Ariyanto Fredy. (2013). Pengaruh Dimensi Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Dalam Keputusan Pembelian. 1.

BPS-Badan Pusat Statistik (2021), Persentase Penduduk Berusia 5 Tahun Keatas Yang Menggunakan Telepon Seluler Hp Nirkabel Dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Kabupaten Kota dan Jenis Kelamin. Diakses Tanggal 25 Oktober 2022, dari No Title. (n.d.). https://www.canalys.com/newsroom/global-smartphone-market-2021

Canalys (2021), Global Smartphone Market 2021. Diakses tanggal 25 Oktober 2022, dari No Title. (n.d.). https://www.canalys.com/newsroom/global-smartphone-market-2021

Claudia Nacha Nabella, Suseno Hendratmoko, T. W. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas , Kesadaran Merek , dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus pada Konsumen Sabun Cuci Piring Sahaja di Golden Swalayan Tulungagung ). 2(4).

DataIndonesia (2021), Persentase Pengguna Telepon Genggam RI. Diakses tanggal 22 Oktober 2022, dari No Title. (n.d.). https://www.canalys.com/newsroom/global-smartphone-market-2021

Dwiyanti, E., Qomariah, N., & Tyas, W. M. (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1786

Fakhri, R. (2022). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Pada Pt. Samsung Electronics Indonesia Pekanbaru. Ekonomi Dan Bisnis, 13, 138–146.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, A. V., & Prabowo, R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Harga , Promosi , Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Semarang. 5(c), 540–548.

Hartono, J. (2004). Statistik Untuk Penelitian. CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Hidayah, F., & Ahmadi, A. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Prosiding Hubungan Masyarakat, 1–5. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/31699/0

Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v2i1.311

Husen Akhmad, Seno Sumowo, A. F. R. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. 4(2), 127–143.

Kang, H., & Raymond. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Samsung Pada Masyarakat Batam.

Kotler, Philip & Armstrong, G. (2014). Marketing Management (15th Edition). Pearson Prentice Hall.

Kusumadewi R.Neny, P. S. (2023). Pengaruh Iklan Media Sosial, Word Of Mouth Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian. 4, 143–153.

Ling, T. S., & Pratomo, A. W. (2020). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.325

Novia Eka Anggraini, N.Rachma, M. R. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan tahun 2016-2019 pengguna Smartphone Samsung). Jurnal Riset Manajemen Riset Manajemen, 9(15), 126–138. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/8265/6807

Rizan Mohamad, Muthya Octariany Nauli, S. (2017). The Influence of Brand Image, Price, Product Quality And Perceive Risk On Purchase Decision Transformer Product PT. Schneider Indonesia. 8(1), 101–118.

Sari Ratna Dwi Kartika, S. R. T. A. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, PersepsI, R. D. K. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga , dan Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang.

Sari, V. Y., & Gumanti, D. (2017). Pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian handphone samsung. Economica, 5(2), 199–208. http://dx.doi.org/10.22202/economica.2017.5.1852

Sekaran, U. (2011). Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis) (Edisi 4 (ed.)). Salemba Empat.

Simamora, B. (2016). Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Tasman H Taher. (2022). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Parfum the Body Shop Body Mist Japanese Cherry Blossom Pada Toko the Body Shop. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 393–404.

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran dalam perspektif perilaku konsumen. PT Penerbit IPB Press. https://books.google.co.id/books?id=gjP4DwAAQBAJ

Tondang, Grace Amalia P. R. S. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android. 1(2), 92–99.

Utami, A. A., & Khasanah, I. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Pengguna Apple Iphone Di Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang). 5, 1–9.

Wanda Dwi Ramadhan, Ike Kusdyah Rachmawati, A. R. A. (2023). Pengaruh Word Of Mouth, Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Bina Manajemen, 4(1), 88–100.

Wardani, Agnes Arum Kusuma B. I. (2022). Peran Brand Ambassador, Brand Image dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus CO-Branding Samsung X BTS). 1–23.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo