Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo)

Mardhiyyah Syahida Latif, Tineke Wolok, Zulfia K. Abdussamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee baik secara parsial maupun simultan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 100 responden dengan cara menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Shopee dengan nilai thitung 7,587 > t tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Korean Wave memiliki arah positif tidak signifikan terhadap minat beli konsumen Shopee dengan nilai nilai thitung 1,726 < t tabel 1,985 dan nilai signifikan 0,088 > 0, 05. (3) Brand Ambassador dan Korean Wave secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen Shopee dengan nilai Fhitung 50,571 > F tabel 3,09 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 51%, yang berarti bahwa variabel Brand ambassador dan Korean wave mempengaruhi variabel Minat beli sebesar 51%. Adapun 49% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Seperti kualitas produk, kualitas pelayanan, brand (merek), kemasan, harga, iklan dan marketing.

Keywords


Brand Ambassador; Korean Wave; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Adri, P. M. (2020). PENGARUH DIMENSI BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

(Studi Pada Pengguna Bukalapak di Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8.

Alus, G. P., Siwu, A. A., Wongkar, C., Waseda, P., Sebagai, B., Ambassador, B., Perilaku, D. A. N.,

Syaputra, M. R., Sumual, I. V., Michelly, B., Montolalu, T., Manajemen, J., Ekonomi, F., Alus,

G. P., Siwu, A. A., & Wongkar, C. (n.d.). KONSUMTIF TERHADAP MINAT BELI PRODUK

MENANTEA DI KOTA MANADO THE INFLUENCE OF WASEDA BOYS AS BRAND

AMBASSADORS AND CONSUMPTIVE BEHAVIOR ON THE INTEREST IN BUYING MENANTEA

PRODUCTS IN MANADO CITY Jurnal EMBA Vol . 10 No . 4 oktober 2022 , Hal . 1881-1890.

(4), 1881–1890.

Cahyani, A., & Zahara, Z. (2021). Pengaruh Korean Wave Dan Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli

Produk Kecantikan Korea. Jurnal Smart, 1(1), 20–26.

Djamalu, M. K., Taan, H., & Isa, R. A. (2023). Pengaruh Iklan Terhadap Minat Beli Produk Xiaomi

Data Penjualan Smartphone di Gorontalo. 8(2), 341–348.

Dukalang, R., Taan, H., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline

Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia. SEIKO : Journal of Management &

Business, 5(1), 60–76. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1833

Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat

Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran).

Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42.

Faradilla, M. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk

Maybelline New York Melalui Sikap pada Iklan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Administrasi

Bisnis (JAB, 12(1), 2022. www.fda.gov,2016

Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian

Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen

Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42.

https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840

Hendayana, Y., & Afifah, matul. (n.d.). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN KOREAN WAVE

TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE MELALUI MARKETPLACE TOKOPEDIA. In KINERJA Jurnal

Ekonomi dan Bisnis (Vol. 3, Issue 1).

Isnan, M. F., & Rubiyanti, Rd. N. (2021). The Effect of Brand Ambassador Towards Buyers Interest

Tiket . Com of West Java. E-Proceeding of Management, 8(1), 164–170.

Indriningtiyas, D. (2022). Brand Ambassador Artis Korea Pada E-Commerce Di Indonesia.

Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 6(2), 219.

https://doi.org/10.24853/pk.6.2.219-230

Kusuma Wardani, A. A., & Istiyanto, B. (2022). Peran Brand Ambassador, Brand Image, Dan Harga

Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Co-Branding Samsung X Bts). Jurnal Ilmiah

Edunomika, 6(1), 551. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.4645

Lestari, H. (2019). Pengaruh Brand Ambaasador dan Korean Wave terhadap citra merek serta

dampaknya pada keputusan pembelian. Administrasi bisnis, 66(1).

Liya, I., Karmila, K., Budiono, H., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh hallyu wave, brand

ambassador, brand image dan wom terhadap keputusan pembelian pada mie sedap

selection korean spicy chicken. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 11–26.

https://doi.org/10.24042/revenue.v2i1.7700

Mardiana, N. R. (2019). Analisa Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek Dan Kualitas Produk

Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Emina. Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7

No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699.

www.journal.uta45jakarta.ac.id

Maulida, N. F., Saufi, A., & ... (2022). … Beli Konsumen Pada Produk Kecantikan Nacific Di

Indonesia: the Influence of Brand Ambassador and Korean Wave on Consumer …. Unram

Management …, vol.2, 224–232.

http://urgentrev.unram.ac.id/index.php/Identification/article/view/253%0Ahttp://urgentre

v.unram.ac.id/index.php/Identification/article/download/253/39

Novarianti, A. D., & Ardhiyansyah, A. (2021). Pengaruh korean wave terhadap minat beli baju

bekas. SENMABIS: Conference Series, 1(1), 30–37.

Ode Amijaya Kamaluddin, L. (2022). PENGARUH KOREAN WAVE BRAND AMBASSADOR DAN BRAND

PERSONALITY TERHADAP MINAT BELI PRODUK LANEIGE PADA WANITA GENERASI

MILENIAL DI KOTA MAKASSAR. Nobel Management Review. https://ejurnal.nobel.ac.id/index.php/NMaR

Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambasador Dan Tagline Terhadap Keputusan

Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E- Jurnal Ekonomi Dan Bisnis

Universitas Udayana 9.4 (2020):357-380, 9.4, 357–380.

Praditia, S. R., & Yulianita, N. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Twice terhadap Minat Beli.

Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2).

https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3909

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap

Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah

Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Puspitasari Nanda, Aphrodite Naila, & Sulaeman Eman. (2020). PENGARUH PROMOSI, BRAND

AMBASSADOR DAN KOREAN WAVE TERHADAP MINAT BELI SOMETHINC.

Jurnal.Dharmawangsa.Ac.Id, 17.

Qorib, F., & Bhara, A. M. (2019). PENGARUH IKLAN “SHOPEE BLACKPINK SEBAGAI BRAND

AMBASSADOR” TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE MAHASISWA. 8(4), 288.

www.publikasi.unitri.ac.id

Roisah, R., Meliawati, Y., & Angliawati, R. Y. (2021). Meningkatkan Minat Beli Melalui Brand

Ambassador. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(1), 7–19.

Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean

Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen

Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168

Sangadji Mamang Eta dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen pendekatan praktis disertai

himpunan jurnal penelitian (W. Nikoemus, Ed.). Andi offset.

Setyani, A. H., & Azhari, M. Z. (n.d.). Pengaruh Korean Wave Dan Ulasan Online Terhadap Minat

Beli Produk Skin Care Korea Selatan.

Sabrin, N. a, Azwar, A., & Sofa, N. (2022). PENGARUH KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR

SELEBRITI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA IKLAN WARDAH VERSI DEWI

SANDRA (Studi Kasus Mahasiswi UIN Jakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Jurnal

Administrasi Profesional, 1(01), 11–21. https://doi.org/10.32722/jap.v1i01.5075

Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. EJournal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89.

https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.19502




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo