Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Pongongaila Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo

Meldi Kasim Mahajani, Lisda L Asi, Andi Yusniar Mendo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat secara parsial.Penelitian ini menggunakan 2485 populasi dan 96 sampel responden masyarakat desa Pongongaila. Di Desa Pongongaila Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel non probability sampling dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat Desa Pongongaila Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo. Hal ini menunjukkan jika semakin baik kualitas Pelayanan yang dilakukan oleh seorang aparatur maka kepuasan masyarakat di Desa Pongongaila Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo juga akan ikut meningkat. Nilai R squer adalah sebesar 0,138 menunjukan Variabel kualitas layanan dalam menjelaskan variabel kepuasan masyarakat sebesar 13,8% sedangkan sisanya 86,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan dijelaskan dalam penelitian ini, seperti motivasi dan kinerja.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Andari, E. (2016). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien berobat di puskesmas

pembantu desa pasir utama. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 5(1), 81–88.

Cindy Pj Daud. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt. Mimoza

Multimedia Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.

Dewi, S. C. S. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di

Posyandu Balita Sambiloto A Mantrijeron Yogyakarta. Visikes, 19(1), 167.

https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/visikes

Duriat, A., & Vaughan, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Ktp Terhadap Kepuasan

Masyarakat Di Kecamatan Kramatmulya. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(1), 18–

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v11i1.2231

Fitria. (2013). Analisis Kepuasan Masyarakat Atas Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Siberut

Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Journal of Chemical Information and Modeling,

(9), 1689–1699.

Irawan, F. L. dan A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat

Kabupaten Tulang Bawang Barat. GEMA, IV(1), 99–108.

Karlina, E., Rosanto, O., & Saputra, N. E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja

Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur. Widya Cipta -

Jurnal Sekretari Dan Manajemen,3(1),7–16.

https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1.5011

Masoud, E. Y., Almazrouei, B. M., Almazrouei, A. A., & Awawdeh, M. (2022). The Influence Of

Service Quality On Community Satisfaction In The Development Of Population

Administration. Asian Journal Of Advanced ResearchAndReports,1(4),9–21.

Https://Doi.Org/10.9734/Ajarr/2022/V16i830488

NEGARA, M. P. A. (2004). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.

Roselina, M. A., & Niati, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan

Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Elsa Hijab Semarang. Solusi, 17(3), 221–234.

https://doi.org/10.26623/slsi.v17i3.1636

Siswantini, W. (2014). The Impact Of Employee Motivation On Service Quality And Community

Satisfaction Within Public Service Quality In The District Of South Tangerang. Journal of

Management and Business, 13(2), 262–277. https://doi.org/10.24123/jmb.v13i2.250

Styaningsi, D. E. (2015). Pengaruh Penetapan Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Konsumen Di Assalaam Hypermarket Kartasura. ARTIKEL PENELITIAN, 2(2), 1–16.

Suandi. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks

Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur. Jurnal Ilmu

Administrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), 1.

Sukma, H. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pelapor

Pada Polsek Tengaran Polres Semarang. Among Makarti, 13(25), 78–92.

Suzana, V. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas

Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun. 176–185.

Utomo, K. P., & Supriyanto. (2020). Pengaruh layanan kualitas dan budaya kerja terhadap

kepuasan masyarakat di kecamatan bekasi utara. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(Mei), 55–

Yulianto, H., & Yahya, S. D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Publik Terhadap Kepuasan

Masyarakat Pengguna Trans Mamminasata. Seminar Nasional Dan Call for Paper:

Manajemen, Akuntansi Dan Perbankkan, 1(1), 1234–1249




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor