Tinjauan Pengaruh Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian: Suatu Studi Analisis Konsumen

Sri Winda Djafar, Mohamad Agus Salim Monoarfa, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Arsy Mode Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner (angket). Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli di Toko Arsy Mode Gorontalo dengan sampel 96 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, pengujian dengan regresi linear berganda dan pengujian hipotesis. Metode analisis menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dan word of mouth memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel media sosial dan word of mouth berpengaruh sebesar 56,5% terhadap variabel keputusan pembelian sedangkan sisanya sebesar 43,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Keputusan Pembelian; Media Sosial; Online Shop; Pelayanan Konsumen; Word Of Mouth

Full Text:

PDF

References


Arisman, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan

Pembelian (Studi Kasus Pada Cafe Barbekoe). 75–77.

Baktiono, R. A., & Artaya, I. P. (2016). Memilih Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Online Melalui

Pendekatan Uji Categorical. Journal Manajmen Kinerja, 53(9), 1689–1699.

https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/manajemenkinerja/article/download/202/137

Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias

Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324.

https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108

Ekasari, N. (2014). pengaruh promosi berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian produk

jasa pembiayaan kenderaan pada pt bfi finance jambi. Gynecologic and Obstetric

Investigation, 46(4), 268–270. https://doi.org/10.1159/000010048

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas

Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21.

Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal

Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada

Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau).

Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85

Kotler & Keller. (2016). Capturing Marketing Insights (Electronic Version). In Marketing

Management.

Kotler, P., & G. Armstrong. 2016. Principle of Marketing Edisi 15. Ebook: Pearson

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi,

Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada

Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.

Nurvidiana, R., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli

Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Republica Cafe

Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(2), 1–8.

Ningrum, S., Monoarfa, M. A. S., & Juanna, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Daya Tarik

Wisata Terhadap Minat Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Indonesia dan

Wisatawan Nusantara di Provinsi GorontaloTahun 2018 - 2021. 6(1), 225–241.

https://doi.org/10.37479/jimb.v6i1.19347

Qadhafi. Naufal El. (2017). “Pengaruh WOM (Word Of Mouth), Harga, Dan Label Halal Terhadap

Keputusan Pembelian Pada Produk Air Mineral Dzakya”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri

Surakarta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo