Gaya Hidup Hedonis Pada Pengguna Smarthphone Iphone (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo)

Devita Aulia R Hepat, Irwan Yantu, Andi Juanna, Citra Aditya Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonis terhadap keputusan pembelian smarthphone iphone pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo yang kemudian dijadikan responden menggunakan rumus slovin setelah melakukan perhitungan sehingga peneliti menyesuaikan sebanyak 97 responden. Hasil data yang dikumpulkan melalui pembagian kuesioner tersebut telah diuji dengan uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear sederhana. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS Versi 20. Berdasarkan hasil penelitian uji analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa variabel gaya hidup hedonis berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smarthphone iphone pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukan R2 sebesar 49,8%. Dapat disimpulkan bahwa gaya bidup hedonis berpengaruh terhadap keputusan pembelian smarthphone iphone pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo sedangkan sebesar 50,2% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.

Keywords


Gaya Hidup Hedonis; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF PDF PDF

References


Abdul, I., Wulan Sari, D., Haryanto, T., & Win, T. (2022). Analysis of factors affecting the technical

inefficiency on Indonesian palm oil plantation. Scientific Reports, 12(1), 1–9.

https://doi.org/10.1038/s41598-022-07113-7

Abdussamad, Z., & Djamalu, M. K. (2021). Development of Digital Village in Improving Public

Services in Lamahu Village of Bone Bolango Regency. International Journal of Innovative

Science and Research Technology, 6(10), 221–224. www.ijisrt.com

Abraham, R., & Harrington, C. (2015). Consumption Patterns of the Millenial Generational Cohort.

Modern Economy, 06(01), 51–64. https://doi.org/10.4236/me.2015.61005

Achmad, R. W., Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Potret

Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187.

https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26241

Amstrong, & Kottler. (1997). Prinsip-Prinsip Manajemen. Erlangga.

Assael, H. (2001). Consumer Behavior. Thomson Learning.

Bernatta, R. A. . (2017). Gaya Hidup Hedonis di Kalangan Remaja (Studi Pada Komunitas Mobil

LSC 81 Club).

Exstrada, W. (2020). Gaya Hidup Dengan Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa.

Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 729.

https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5577

Fadhilah, M., Cahyani, P. D., & Arifah, D. N. (2022). Volume 14 Issue 2 ( 2022 ) Pages 397-405

JURNAL MANAJEMEN ISSN : 2085-6911 ( Print ) 2528-1518 ( Online ) Analisis pengaruh

digital marketing , hedonisme dan brand equity terhadap purchase decision smartphone

iphone di Yogyakarta Analysis of the influence. 14(2), 397–405.

Fitria, A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian

Iphone Di Kota Surabaya. Sinomika Journal Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi,

(4), 965–975.

Juanna, A., Kango, U., Singh, S. K., Abdussamad, Z. K., & Yulinda L Ismail. (2023). Trends Of

Research Keywords Related To The Network And Negotiating Skill In Digital Era : A Bibliometric Review Article history : Keywords : Leadership ; Negotiating ; Juanna , A .,

Kango , U ., Singh , K . S ., Abdussamad , Z . K ., Ismail , Y . L . ( 2. 1–16.

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Kotller, P. (2000). Manajemen Pemasaran. Prenhallindo.

Kotller, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip- prinsip pemasaran (edisi ke-13). Jilid 1. (13th ed.).

Erlangga.

Lestari, H. A., & Rahmawan, G. (2023). Jurnal Ilmu Manajemen Pengaruh fanatisme, gaya hidup

hedonis, dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian pada produk iPhone di

Indonesia. 11, 129–137.

Mandey, S. L. (2009). Pengaruh faktor gaya hidup terhadap purchase decision konsumen membeli

sepatu di kota Manado. Jurnal Vol. 6 No. 1.

Mercy. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Keputusan

Pembelian Handphone Merek Nokia Di Kota Padang. Economica, 2(2), 174–182.

https://doi.org/10.22202/economica.2014.v2.i2.230

Munandar, A. (2001). Psikologi Industri Dan Organisasi.

Nadzir, M., & Ingarianti, T. M. (2015). Psychological meaning of money dengan gaya hidup hedonis

remaja di Kota Malang. Jurnal Psikologi, 8(1998), 528–596.

https://mpsi.umm.ac.id/files/file/582-596

Rianton. (2016). Hubungan Antara Konformitas Kelompok Teman Sebaya Dengan Gaya Hidup

Hedonis Pada Mahasiswa Kab. Dhamasraya Di Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 4(1), 1–23.

Rizaldi, M. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone

Di Kalangan Mahasiswa Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri

Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), 85–93.

Rutkowski, I. (2017). Scale for testing hedonic-consumerism values – a new measurement

instrument in the consumers ’ behavior ... January 2015, 0–27.

Solihin, W. A., Tewal, B., & Wenas, R. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen dan Gaya Hidup Terhadap

Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa UNSARAT di Manado. Jurnal

EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 511–520.

Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap

Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus pada Siswa dan Siswi SMAN 3 Kota Sukabumi).

Cakrawala-Repositori IMWI, 3(1), 1–10.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Vivian, S. (2020). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen Generasi Z pada Produk Starbuck. Jurnal Transaksi, 12(1), 51–66.

Wibawanto, S. (1970). Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Perilaku Pembeli di Pasar Modern (Studi

Pada Masyarakat Kabupaten Kebumen). Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan

Akuntansi, 15(1), 54–71. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v15i1.71

Widya, U., Surabaya, K., & Ferrinadewi, E. (n.d.). Pengaruh Nilai-Nilai Hedonis dan Konsep

DiriTerhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Pada Loyalitas Merekdi Surabaya ( studi

pada pembelian barang mewah ).

Wolff M, Tumbuan W J F A, & Lintong D Ch A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Citra

Merek Terhadap KeputusanPembelian Produk Smartphone Merek Iphone Pada Kaum

PerempuanMilenial Di Kecamatan Tahuna. Jurnal EMBA, 10(1), 1671–1681.

https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/39411

Yantu, I. (2018). Organizational Climate for Work Motivation Stimulation in Regional Financial

Agency. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(2), 330–335.

https://doi.org/10.21776/ub.jam.2018.016.02.16




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo