Pengaruh Modernisasi Administrasi Pelayanan dan Komitmen Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan di PT. TASPEN Gorontalo

Marsella Putria Moobonggu, Heldy Vanni Alam, Robiyati Podungge

Abstract


: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modernisasi administrasi pelayanan (X1) dan komitmen pegawai (X2) terhadap kualitas pealayanan (Y) di PT. Taspen Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 orang pegawai, karena kurang dari 100 maka keseluruhan populasi diambil menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji validitas instrument, uji reliabilitas instrument, uji normalitas data, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisiensien korelasi, uji koefisiensien determinasi, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial modernisasi administrasi pelayanan berpengaruh postif terhadap kualitas pelayanan dengan hasi uji t (7,580 > 1.988). Selain itu, secara parsial komitmen pegawai berpengaruh postif terhadap kualitas pelayanan dengan hasi uji t (7,737 > 1.988). Sementara itu secara simultan modernisasi administrasi pelayanan dan komitmen pegawai secara bersama-sama berpengaruh postif terhadap kualitas pelayanan dengan hasi uji F (72,752 > 3,232). Sedangkan besar pengaruh modernisasi administrasi pelayanan dan komitmen pegawai terhadap kualitas pelayanan di PT Taspen Gorontalo diperoleh nilai R Square sebesar 0.789 atau 7.89%, sementara sisanya 21.1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kompetensi, kinerja pegawai, pengalaman kerja dan lain sebagainya.

Keywords


Modernisasi Administrasi Pelayanan; Komitmen Pegawai; Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Bohawia, Mohammed.S; Gugus Irianto and Zaki Baridwan. 2015. The Effect of Working

Experience, Integrity, Competence, and Organizational Commitment on Audit Quality

(Survey State Owned Companies In Libya). IOSR Journal of Economics and Finance (IOSRJEF). 6 (4); 60-67.

Candra, Ricki, Wibisono, Haris & Mujilan (2013), Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan dan

Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 40-48.

Edison, Anwar Komariyah, (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Hidayat, Muchtar. (2010). Analisis Komitmen (Affective, Continuance dan Normative) Terhadap

Kualitas Pelayanan Pengesahan STNK Kendaraan Bermotor (Studi Empiris pada Kantor

Bersama Samsat di Propinsi Kalimantan Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan,

(1), 11-23.

Hidayat, R., Lestari, D. P., & Sabaruddin, A. (2022). Analisis Digitalisasi Pelayanan Pembayaran

Pensiun Melalui Aplikasi Taspen Otentikasi di PT Taspen (Persero) Kendari. Jurnal

Administrasi Publik, 18(2), 211-230.

Ismawan, I. (2011). Reformasi Pajak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kasemin, K. (2016). Agresi Perkembangan Teknologi Informasi. Jakarta: Prenada Media.

Kristiyaningsih, Ani. (2018). Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kualitas

Pelayanan dan Implikasinya Pada Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban

Perpajakan. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Kuntjoro, (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali.

Lie, E. S. (2016). Pengaruh Komitmen Organisasional dan Perilaku Kepemimpinan Terhadap

Kualitas Pelayanan Bank NTT. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 5 (2), 64-72.

Pandiangan, Liberti (2017). Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan. Jakarta: Elex

Media Komputindo.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. (2011). Delivering Quality Service:

Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Tree Press.

Pasolong, Harbani. (2014). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.

Rahayu, Siti Kurnia. (2010), Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta:

Penerbit Graha Ilmu.

Rukmini, R., Nawar, J., Safina, W. D., & Hidayat, T. (2022). Pengaruh Komitmen Organisasional,

Kepuasan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Layanan Pegawai di Dinas

Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara. Jurnal AKMAMI (Akuntansi

Manajemen Ekonomi), 3(3), 433-488.

Sipayung, Baren. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja dan Kualitas Kehidupan Kerja

Auditor: Teori dan Studi Kasus. Yogyakarta: Bintang Semesta Media.

Syamsiar, S., Herlina, B., & Ainun, A. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Taspen Otentikasi Dalam

Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Pembayaran Pensiun Di Kantor Pos Sengkang.

Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 10514-10526.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Utami, Twi K. Anggita. (2014) Pengaruh Pelaksanaan Self Assessment System dan Modernisasi

Administrasi Perpajakan Terhadap Kualitas Pelayanan Pajak (Survey Pada Kantor

Pelayanan Pajak Pratama Sumedang). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo