Pengaruh Inovasi Produk Dan Pemanfaatan Marketplace Terhadap Daya Saing Pada Pelaku UMKM Di Kota Gorontalo

Regina Octavia Ibrahim, Tineke Wolok, Zulfia K. Abdussamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan pemanfaatan marketplace terhadap daya saing umkm di kota gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 Pelaku UMKM di Kota Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing umkm dan variabel pemanfaatan marketplace berpengaruh secara signifikan terhadap daya saing umkm. Sedangkan, secara simultan variabel inovasi produk dan pemanfaatan marketplace berpengaruh positif terhadap daya saing umkm di Kota Gorontalo. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R2 sebesar 66,7%. Dapat disimpullkan bahwa inovasi produk dan pemanfaatan marketplace berpengaruh positif terhadap daya saing umkm di kota gorontalo sedangkan sebesar 33,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Inovasi Produk; Pemanfaatan Marketplace; Daya Saing

Full Text:

PDF

References


Agmalia, N. R., Balafif, M., & Imamah, N. (2021). Strategi Pengembangan Peningkatan Daya Saing

Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui Marketing Online (Studi pada Distro Bragga

Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik, Jawa Timur). Bharanomics, 2(2), 157–163.

https://doi.org/10.46821/bharanomics.v2i2.261

Ernawati, N. (2017). Pengaruh Kesiapan Modal dan Penerapan E-Commerce Terhadap Daya Saing

UKM Di Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed). Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, M. T., & Utami, F. N. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Kepercayaan

Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Pada Generasi Millenial Di Indonesia. EProceedings

…, 9(1), 61–74.

Hidayat, W. (2020). Pengaruh Inovasi Produk dan Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Daya Saing

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kota Palembang.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Kurniasari, R. D., & Utama, A. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas

Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Kerajinan Enceng Gondok “Akar”).

Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3, 467–477. http://okezone.com

Ma’rifah, I., W, B. R. I., Rizqi, E. I., & Kustiningsih, N. (2022). Pengaruh Marketplace Dalam

Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif Pada Umkm D’Elixir. Jurnal Revenue : Jurnal

Ilmiah Akuntansi, 2(2), 349–356. https://doi.org/10.46306/rev.v2i2.78

Opiida. (2014). Pengertian E-Marketplace. https://tokohalista.wordpress.com

Porter, M. E. (1998). Strategi Bersaing (Competitive Strategy). Karisma Publishing Group.

Sari, A. R., Lidyah, R., Nurhijrah, Kristanti, D., & Agusman, Y. (2023). Social Marketing Project

Pemasaran Produk Umkm Penjahit Rumahan Melalui Media Sosial Dan Marketplace. Jurnal

Pengabdian West Science, 2(02), 179–184. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i02.234

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sukarmi, Kurniaty, R., Dewantara, R., & Ikaningtyas. (2021). Re-Evaluasi Pengaturan Mengenai

Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Peningkatan Daya Saing di Era Ekonomi

Digital. Jurnal Magister Hukum Udayana, 10(4), 880–896.

https://doi.org/10.24843/JMHU.2021.v10.i04.p16

Terzi, N. (2011). The Impact of E-Commerce on International Trade and Employment. Social and

Behavior Sciences, 24, 745–753.

Widihandayani, A. R. (2011). Pengaruh Inovasi Terhadap Daya Saing Pada UMKM (Studi Kasus di

UMKM Perak Kotagede Yogyakarta). Doctoral Dissertation, Diponegoro University.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i1.25165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo