Strategi Bersaing Pasar Kreatif Jawa Barat (Studi Kasus Di PT. Jaswita Jawa Barat)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memberikan rekomendasi strategi terhadap kawasan Pasar Kreatif Jawa Barat (PKJB) untuk berdaya saing dan meningkatkan pengunjung. Hal tersebut dilakukan karena pengunjung di kawasan PKJB mengalami penurunan pengunjung sejak Januari 2024, hal tersebut menyebabkan beberapa tenant UMKM di kawasan mengalami penurunan pendapatan hingga terpaksa berhenti beroperasi dikarenakan tidak adanya pemasukan. Selain itu terdapat kawasan ekonomi kreatif lainnya yang cukup memberikan dampak bagi PKJB, yaitu Hallway Space, dimana tenant di kawasan tersebut hampir sama dengan PKJB. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan jenis data yang didapat yaitu data primer, dengan teknik pengambilan data melalui wawancara semi terstruktur, dan observasi lapangan. Dalam pengolahan data maka dilakukan beberapa analisis terlebih dahulu mengenai lingkungan bisnis, yaitu menggunakan analisis lingkungan internal untuk menyusun kekuatan dan kelemahan dengan analisis RBV, dan analisis lingkungan eksternal dengan analisis PESTEL, dan analisis Porter’s Five Forces, lalu dimasukkan pada tahap matriks IFAS dan EFAS, lalu untuk tahap mencocokkan strategi menggunakan matriks IE, dan penentuan strategi ditentukan dengan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya terdapat strategi utama yang bisa diimplementasikan yaitu peningkatan promosi di cakupan yang lebih luas, memperbanyak tenant di kawasan, melakukan program inkubasi dan akselerasi kreatif, serta membangun kegiatan sosial dengan UMKM secara rutin. Dengan strategi tersebut maka diharapkan dapat meningkatkan pengunjung di kawasan dengan keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh PKJB.
Keywords
Strategi Bersaing; SWOT; Keunggulan Kompetitif; Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27005
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.