MODERNITAS ATAU TRADISI? ANALISIS DAMPAK KOREAN WAVE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PREFERRENSI BELANJA FASHION GEN Z
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Korean Wave terhadap minat belanja Generasi Z dalam ritel fashion online. Selain itu, penelitian ini juga menginvestigasi dampak yang ditimbulkan oleh brand ambassador, yang umumnya merupakan selebriti atau tokoh terkemuka yang mendukung merek atau produk tertentu, terhadap preferensi belanja online mahasiswa. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei dan penelitian dokumenter sebagai metode pengumpulan data. Teknik sampling purposif diaplikasikan dalam pemilihan sejumlah 100 mahasiswa di sebuah institusi ternama. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dan menunjukkan hasil bahwa minat mahasiswa dalam pembelian fashion secara signifikan dan positif dipengaruhi oleh Korean Wave, meskipun terdapat bukti yang terbatas mengenai pemgaruh yang signifikan dari brand ambassador. Namun, secara simultan, baik Korean Wave maupun brand ambassador memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belanja fashion mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eddy, M. F. A. Y. P., & Soegiarto, K. (2017). Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Pakaian Wanita di Pasar Pagi Samarinda. JMA: JURNAL MANAJEMEN DAN AKUNTANSI, 5(3), 298-312. Ginting, M. C., & Silitonga, I. M. (2019). Pengaruh pendanaan dari luar perusahaan dan modal sendiri terhadap tingkat profitabilitas pada perusahaan property and real estate yang terdaftar di bursa efek indonesia. Jurnal Manajemen, 5(2), 195-204. Hamilton, L. S., Stecher, B. M., & Yuan, K. (2008). Standards-Based Reform in the United States: History, Research, and Future Directions. Center on Education Policy. Juana, A. (2021). Potential Marketing Development of Traditional Food Business of South Sulawesi People (No. vy8k3). Center for Open Science. Kusuma, C. A., & Abid, A. (2022). Developing a Digital-Based Marketing Strategy to Promote Beach Attractions in Indonesia: a Case of Botutonuo Beach in Gorontalo. European Journal of Management Issues, 30(4), 205-214.
Lee, W. (2015). The Effects of the Korean Wave (Hallyu) Star and Receiver Characteristics on T. V Drama Satisfaction and Intention to Revisit. Lestari, H., & Bafadhal, S. D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan korean wave terhadap citra merek serta dampaknya pada keputusan pembelian. Administrasi bisnis, 66(1).
Ludfi Mariadi, H. A. (2014). Pengaruh Brand Equity, Persepsi Harga dan Distribusi terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Pakaian Merek Old Blue 34 Company. Jurnal Ilmiah Manajemen, IV (1), 1–23.
Putra, M. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 12(1), 83211.
Rahmadani, A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador pada Pengambilan Keputusan Konsumen. Telaah Bisnis, 22(1), 59. https://doi.org/10.35917/tb.v22i1.225.
Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168
Samosir, L. S., Putri, Y. R., & Nurfebrianing, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 233–240. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.6 Siswandi, R. A., & Djawoto, D. (2019). Pengaruh celebrity endorser, korean wave, brand image, word of mouth terhadap keputusan pembelian (Kasus pada konsumen produk kosmetik Korea Selatan Nature Republic di kota Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 8(9). Sprott, D. E., & Shimp, T. A. (2004). Using product sampling to augment the perceived quality of store brands. Journal of Retailing, 80(4), 305-315. Solomon, N. (2007). The military-industrial-media complex. Democratic Communiqué, 21(1), 60-60.
Wang, F., & Hariandja, E. S. (2016). The Influence of Brand Ambassador on Brand Image and Consumer Purchasing Decision: A Case of Tous Les Jours in Indonesia. International Conference on Entrepreneurship (IConEnt2016). “How Innovation could Improve the Performance and Productivity in Entrepreneurship?”, March 17, 2016. Wardani, E. S., & Santosa, A. (2020). Pengaruh hallyu, ambassador merek, dan citra merek terhadap keputusan pembelian atas produk republik natur di Yogyakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 203-211.
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.