MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN MELALUI CITRA PERUSAHAAN PADA BANK BNI GORONTALO
Abstract
ABSTRAK: Program CSR Bank BNI belum merata sampai ke titik-titik yang membutuhkan, selain itu proses sosialisasi kegiatan CSR BNI belum terlaksana secara maksimal, sehingga sebagian besar masyarakat belum mengetahui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif statistik yaitu untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan pada Bank BNI Cabang Gorontalo dilihat dari nilai t-hitung sebesar 9,977 dan nilai signifikan 0,000. Citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dilihat dari nilai t-hitung sebesar 8,547 dan nilai signifikan 0,000. CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dilihat dari nilai t-hitung sebesar 3,583 dan nilai signifikan 0,001. Sedangkan CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui citra perusahaan dilihat dari hasil sobel test menghasilkan nilai t-hitung sebesar 3,365 dan nilai signifikan sebesar 0,00076 yang berarti terjadi pengaruh intervening.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angio, D. N., Machmud, R., & Niode, I. Y. (2022). Pengaruh Strategi Diferensiasi Citra Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Hotel Eljie Syariah Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14222
Cucu Sumartini, L., & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i2.124
Fitranadi, A. P., Widodo, T., & Goniah, G. (2021). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Variabel Mediator Citra Perusahaan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. E-Proceeding of Management, 8(6), 8113–8126.
Ganyang, M. T. (2021). Pengaruh ProgramTanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Citra PT. Unilever Indonesia: Survey Pada Mahasiswa STIE PBM Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 51–60. https://doi.org/10.36407/jrmb.v6i2.419
Prasetio, A. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Pada Perusahaan PT. Asia Menara Perkasa, Lampung). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 689–696. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.80
Samantha, R., & Almalik, D. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Dan Promosi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Pengalaman Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Maskapai Penerbangan Airasia Di. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Siroj, S., Nurwidiawati, D., Mailani, A., Syachwaldi, R. A., Irawan, A., Nurohman, M. Y., & Aditya, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Pos Sindanglaya Cipanas. El-Ecosy : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.35194/eeki.v1i1.1134
Setyorini, I., Sarwo, Y. B., & Nugroho, A. W. (2022). Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT PLN (PERSERO) UIK Tanjung Jati B Terhadap Komunitas Nelayan Perairan Pulau Panjang. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.24167/jkm.v2i1.4109
Taan, H. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Karawo Di Kota Gorontalo.pdf (pp. 148–158). https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/jbk/article/view/92 diakses 24 maret 2021
Taan, H., & Radji, D. L. (2019). How Does The Relationship Between Lifestyle With Consumer Decisions In Buying Motorbikes 1(2). https://e-jurnal.ung.ac.id/index.php/jsm/article/view/2495 diakses 24 maret 2021
Taan, H., & Machmud, R (2020). The Improvement Of Purchase Decisions Of Putra Kusuma Pia Cake Through Product Quality, Product Variations, And Packaging. 17 (9) 504516.https://www.archives.palarch.nl/index.php/jae/aricle/view/
Won-Moo Hur, H. K. & J. W. (2014). How CSR Leads to Corporate Brand Equity: Mediating Mechanisms of Corporate Brand Credibility and Reputation. Journal of Business Ethics, 128, 75–86.
Yakup, A. P., & Haryanto, T. (2021). Pengaruh Pariwisata terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Bina Ekonomi, 23(2), 39–47. https://doi.org/10.26593/be.v23i2.3266.39-4
DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27436
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.