PENGARUH REVIEW CUSTOMER DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA AKTIF FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)

Syintia Alow, Tineke Wolok, Umin Kango

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengkaji bagaimana review customer dan kepercayaan memengaruhi keputusan pembelian di Shopee. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner secara online yang disebar kepada mahasiswa aktif fakultas ekonomi UNG yang pernah atau sedang menggunakan shopee dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan 97 responden kemudian data dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda dengan program SPSS 26. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Review Customer berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung sebesar 3.663 > t-tabel 1.985 dan nilai signifikannya sebesar 0.000 < 0,05. (2) Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai menghasilkan t hitung sebesar 10.105 > t-tabel 1.985 dan nilai signifikannya sebesar 0.000 < 0.05, (3) Review customer dan kepercayaan berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai f hitung = 226.023 > f tabel 3,09 dengan nilai signifikan > 0,05.


Keywords


Kata Kunci: Review Customer; Kepercayaan; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alyasinta Viela Tusanputri dan Amron. (2021). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian platform e-commerce tiktok shop. Jurnal Ekonomi. Vol 23 (2021) 632 - 639.

Abdurahman, Nana Herdiana. (2018). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung : Pustaka Setia.

Dudi Amarullah, Tanti Handriana dan Achmad Maharudin. (2022) . EWOM CREDIBILITY, TRUST, PERCEIVED RISK, AND PURCHASE INTENTION IN THE CONTEXT OF E-COMMERCE: MODERATING ROLE OF ONLINE SHOPPING EXPERIENCE.

Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan. Vol 11 61 – 83.

Dwi Ika Sugiarti dan Rhoma Iskandar. (2021) . Pengaruh Costumer review terhadap keputusan pembeli terhadap toko online shopee. Jurnal Sosial Dan Teknologi. Vol 1 954 – 962.

Hutomo Atman Maulana dan Yunelly Asra. (2019) . Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E- commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Jurnal Inovasi Bisnis. Vol 7 162 – 165.

Livia Nita Karina Pasi dan Budi Sudaryanto. (2021) . Analisis Pengaruh Online Costumer Review dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Inverting. Jurnal Manajemen. Vol. 10 1- 12.

Masyita Ichsan1, Dr. Helni Mutiarsih Jumhur, S.H., M.Hum. dan Ir. Soeparwoto Dharmoputra, Mbt. (2018). Pengaruh Costumer Online Rating dan Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Market place Tokopedia di Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Manajemen. Vol. 5

Mira Istiqomah dan Novi Marlena. (2020) . Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal Manajemen. Vol 12 288- 298.

Muhammad Ariq Syah dan Farida Indriani. (2020) . Analisis Pengaruh Online Costumer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik. Junal Manajemen. Vol 9 1 – 9.

Philip Kother, Manajemen Pemasaran prenhallindo, edisi 9, (Jakarta, 2009)

Pratiwi Arbaini, Zakariah Wahab, dan Marlinah Widiyanti. (2020) . Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Junal Bisnis dan Manajemen. Vol 7 25-33.

Siti Lam’ah Nasution, Christine Herawati Limbong dan Denny Ammari Ramadhan. (2020) . Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ecobisma. Vol 7 43 – 53.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Yofina Mulyati dan Grace Gesitera. (2020) . Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur. Vol 9 173 – 194.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor