PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENERAPAN BALANCED SCORECARD MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX DI SAMSAT BONE BOLANGO

Adeleyid Lakoro, Idham Halid Lahay, Hasanuddin Hasanuddin

Abstract


Abstrak: SAMSAT sebagai salah satu penyelenggara pelayanan administrasi kendaraan bermotor tidak luput dari berbagai persepsi yang menunjukkan bahwa pelayanan yang dilakukan belum efektif dan kurang berfokus pada masyarakat sehingga memunculkan keraguan tentang kualitas pelayanan yang di berikan oleh kantor SAMSAT, seperti halnya pada SAMSAT Bone Bolango. Terdapat beberapa keluhan dari masyarakat mengenai pelayanan SAMSAT Bone Bolango, seperti keluhan atas lama waktu pembayaran pajak dan mesin pemanggil antrian yang tidak berfungsi sehingga petugas perlu memberikan perhatian lebih agar nomor antrean tidak terlewat. kekurangan lain yang menjadi permasalahan dalam pelayanan pembayaran pajak di SAMSAT Bone Bolango yaitu adanya keluhan dari masyarakat mengenai kurangnya bentuk pengarahan, dan responsivitas pegawai yang didapat oleh masyarakat dalam setiap permasalahan yang terjadi pada saat pembayaran pajak berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengukur kinerja kantor SAMSAT Bone Bolango menggunakan penerapan Balanced Scorecard yang terintegrasi dengan metode OMAX. Berdasarkan hasil penerapan Balanced Scorecard yang diintegrasikan dengan metode OMAX sebagai alat pengukuran kinerja SAMSAT Bone Bolango, diketahui bahwa kinerja SAMSAT Bone Bolango secara keseluruhan dapat dikatakan belum cukup baik karena dari keempat perspektif hanya 1 perspektif yang nilai performansinya di atas nilai rata-rata yaitu perspektif keuangan. Perspektif finansial merupakan perspektif dengan nilai indeks performansi dan indeks produktivitas tertinggi dengan nilai masing-masing 116,67% dan 6,50 Hal ini menunjukan bahwa SAMSAT Bone Bolango memiliki pengelolaan anggaran yang baik. Perspektif pelanggan merupakan perspektif dengan nilai indeks performansi dan indeks produktivitas terendah dengan nilai masing-masing 16,67% dan 3,50 Hal ini menunjukan bahwa masyarakat (wajib pajak) belum cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Kantor SAMSAT Bone Bolango.


Keywords


Kata Kunci: Pengukuran Kinerja; Balanced Scorecard; Objective Matrix; SAMSAT

Full Text:

PDF

References


Darma, N. D. A. (2019). Analisis Pengaruh Pengelolaan Keuangan Daerah, Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah. Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 149–162.

Febriana, O. A. (2018). Analisis balanced scorecard dalam mengukur kinerja pemerintah daerah: Studi pada badan pelayanan pajak daerah Kota Malang. In Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, 1–167. http://etheses.uin-malang.ac.id/12923/

Gobel, N. U. & L. Van. (2019). Proses Pelayanan Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, VI, 23–33.

Hafid, H. (2018). Pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada SAMSAT Polewali Mandar. DeReMa Jurnal Manajemen, 13(2).

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129–147. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3650

Nashihuddin, F., & Mubin, A. (2022). Penerapan Konsep Balanced Scorecard dan Objective Matrix Untuk Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(02), 266–271. https://doi.org/10.36418/jist.v3i2.366

Noviani, D., Lasalewo, T., & Lahay, H. (2021). Pengukuran Kinerja Supplier Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) di PT. Harvest Gorontalo Indonesia. JAMBURA INDUSTRIAL REVIEW Dwi Noviani Dkk, 1(2), 2021. https://doi.org/10.37905/jirev.1.2.83-93

Rahmanto, B. T., & Karen, E. (2018). Analisis Implementasi Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(3), 395–404. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i3.157

Zahra, S. Al, Yuliati, N. N., & Wahyullah, M. (2021). Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja pada Kantor SAMSAT Selong. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 36. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.7794




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor