PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU XL AXIATA DI KOTA GORONTALO

Sri Rahayu Dama, Muchtar Ahmad, Ramlan Amir Isa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 96 orang pengguna kartu XL Axiata di Kota Gorontalo. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS Versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan 3) kualitas produk dan citra merek secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,757 atau 75,7% yang menunjukan bahwa variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan citra merek sebesar 75,7%, sedangkan sisanya 24,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Kata Kunci: Kualitas Produk; Citra Merek; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. (2019). The influence of product attribute and reference group towards customer value of moslem’s wear kerawang handycraft in Gorontalo Province. International Journal of Accounting & Finance in Asia Pasific (IJAFAP), 2(1).

Kafabih, A., & Mukti, A. H. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sim Card Telkomsel, Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal Dan Umkm, 1(2), 8–18.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, Issue 2). Jilid.

Lasaib, I. N., & Julianti, E. (2019). Pengaruh citra merek, iklan, kualitas yang dirasa terhadap keputusan pembelian SIM Card Telkomsel di Surabaya. Journal of Business and Banking, 9(01), 161–178.

Meilani, L. A. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU XL AXIATA DI KABUPATEN BANGLI. Universitas Pendidikan Ganesha.

Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone nokia dengan citra merek sebagai pemediasi. Udayana University.

Pratami, N. L. K. D., Trianasari, & Atidira, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada PT Mertha Buana Motor Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ramadhani, G., & Widodo, S. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Tri Pada Warga Kelurahan Pondok Karya Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 1(1), 45–50.

Vidianto, R., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3 Prabayar by Indosat di Kota Tuban, Jawa Timur. Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen), 10(3), 188–197.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo