PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN REALISASI INVESTASI DI PROVINSI GORONTALO (STUDI KASUS : DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI GORONTALO)

Adwiyah Kadir, Andi Yusniar Mendo, Syamsul B. Biki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap peningkatan realisasi investasi di provinsi Gorontalo pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Investor/Pelaku Usaha yang sudah terdaftar Nomor induk Berusaha (NIB) di Provinsi Gorontalo. Mulai dari Triwulan 1, 2 dan 3 ditahun 2023 sampai dengan Triwulan 1 ditahun 2024 terdaftar sebanyak 50.986 investor/pelaku usaha yang sudah terdaftar Nomor induk berusaha (NIB). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pelaku usaha/investor. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi liner sederhana dengan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian uji statistik menunjukkan koefisien t sebesar 6,658 dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05, yang menandakan bahwa hipotesis mengenai promosi berpengaruh terhadap peningkatan realisasi investasi diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa promosi (X) yang diberikan dapat mempengaruhi peningkatan realisasi investasi (Y). Koefisien determinasi R square sebesar 0,311, artinya variabel independen promosi mempunyai pengaruh terhadap peningkatan realisasi investasi sebesar 31,1%, sedangkan komponen yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini mempunyai pengaruh sebesar 68,9%.

Keywords


Investasi; Promosi; Realisasi Investasi

Full Text:

PDF

References


Afina Putri Vindiana, Mutiara Eka Puspita, & Katri Widayani. (2022). Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Investasi Di Kabupaten Lebak. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.36805/manajemen.v8i1.2960

Ajzen, I. (1991). From Intentions To Actions: A Theory Of Planned Behavior. Action Control. Springer-Verlag Berlin Heidelberg, pp.

Anastasia Romatua & Zaili Rusli. (2022). Strategi dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (dpmptsp) dalam meningkatkan investasi masa pandemi covid-19 di kota dumai. Jurnal hukum, politik dan ilmu sosial, 1(3), 67–78. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i3.487

Bakri, R. (2022). Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Investasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Amkop Management Accounting Review (AMAR), Vol. 2 No. 2 (2022), Pages 1-10. https://doi.org/10.37531/amar.v2i2.228

Biki S. B. (2023). Pengaruh Service Quality Dan Digital Marketing Terhardap Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Pantai Botutonuo Kecamatan Kabila Bone Kab Bone Bolango. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. Vol 6. No 2. Mei 2023. : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

Biki, S. B., Sawitri Pilomonu, M. R., Mendo, A. Y., Abas, C., & Kadir, A. (2023). Lkpm-Notification: Aplikasi Marketing Sebagai Solusi Peningkatan Realisasi Investasi Di Provinsi Gorontalo. IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, 6(2), 117–126. https://doi.org/10.36080/idealis.v6i2.3035

Chairani, M. A., Yitawati, K., Sarjiyati, & Nugroho, S. S. (2022). Penyuluhan Hukum TentangPerlindungan Hukum Dan Pencegahaan Terhadap Penipuan Investasi Online. Jurnal daya-mas, 7(1), 7–15. https://doi.org/10.33319/dymas.v7i1.85

Perlindungan Hukum Dan Pencegahaan Terhadap Penipuan Investasi Online. Jurnal daya-mas, 7(1), 7–15. https://doi.org/10.33319/dymas.v7i1.85Bandar Lampung). Repository.Radenintan.Ac.Id.

Sahir, S. (2022). Metodologi Penelitian oleh syafrida hafni sahir (cetakan i, mei 2021). Penerbit kbm indonesia.

Siahaan, M., & Brina, M. (n.d.). Proactive Marketing Strategy: Exploring Marketing Strategies to Increase Occupancy through a Dynamic Sales Approach at Madani Hotel Medan. 3.

Simanjuntak, S. C., Panjaitan, M., & Napitupulu, J. (2020). Pengaruh bauran promosi dan loyalitas pelanggan dalam meningkatkan volume penjualan pada pt. Telkom kota medan.

Sofiah, M., Ramadhani, S., & Bi Rahmani, N. A. (2023). Analisis pengaruh bauran pemasaran 4p (product, price, promotion, and place) terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil menengah (umkm). Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 16(2), 122. https://doi.org/10.26623/jreb.v16i2.7288

Suprajang, S. (2020). Analisis Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi Kasus Pada Wisata Hutan Pinus Gogoniti, Kabupaten Blitar). Vol. 5 No. 2 (2020).




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i3.29912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo