PENGARUH REVIEW BEAUTY INFLUENCER MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK SERUM VITAMIN C UNTUK KULIT WAJAH BERMINYAK

Divana Bianca Angela, Elvyra Yulia, Dwi Atmanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh review beauty influencer media sosial TikTok terhadap Minat Pembelian produk Serum Vitamin C The Originote untuk kulit Wajah Berminyak pada mahasiswa D4 kosmetik dan perawatan kecantikan Tahun angkatan 2020 – 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif korelasional asosiatif. Sampel non-probabilitas dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Populasi penelitian ini merupakan kosumen yang pernah menonton review beauty influencer media sosial TikTok dan tertarik membembeli produk serum Vitamin C The Originote untuk kulit wajah berminyak pada mahasiswa D4 kosmetik dan perawatan keacantikan Universitas Negeri Jakarta tahun angkatan 2020 – 2021. Sampel yang digunakan berjumlah 50 responden. Dengan usia 22 hingga 24 tahun dan merupakan pengguna aktif media sosial TikTok. Variabel penelitian yang diteliti yakni review beauty infuencer media sosial TikTok (X) dan minat pembelian serum vitamin C untuk kulit wajah berminyak (Y). berdasarkan Hasil uji-t diperoleh nilai siginifikansi varibel X dan variabel Y adalah 0,080 < 0,05, sehingga Ho diterima Ha ditolak. Yang berarti bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara review beauty influencer media sosial TikTok terhadap minat pembelian produk serum vitamin C The Originote untuk kulit wajah berminyak. Pada uji koefisien detreminasi didapatkan hasil sebesar 0,062 yang berarti review beauty influencer media sosial TikTok berperan sebesar 6,2% terhadap minat pembelian produk serum vitamin C The Originote untuk kulit wajah berminyak. Sisanya sebesar 93,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Keywords


Review Beauty influencer; Media Sosial TikTok; Minat Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Andrea, vanessa. (2023). efektivitas review produk meerek luxcrime dapta meningkatkan brand awarenes melaui aplikasi tiktok pada generasi Z di kecamatan medan polonia.

Anzaini, M. S., Anggreni, L., Felicia, N. E., & Mettaritha, R. (2023). Pengaruh Beauty Influencer dan Story Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan pada Media Sosial. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 356-367.

Ardiansyah, F., & Sinduwiatmo, K. (2023). TikTok Sebagai Media Personal Branding Melinda Rohita. 6(1), 169-180.

Dewi, A. C. (2023). Analisis Pengaruh Social Media Influencer dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Pada Produk Scarlett Whitening di Wilayah Solo Raya.

Emilia, D. T., & Setiawati, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Review Influencer Marketing di TikTok terhadap Minat Beli Produk Skincare Siswi MA Sawangan di Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1027-1030.

Hardani, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi, Ed.; Edisi Pertama). CV. Pustaka Ilmu.

Kurniawan, D. M. (2023). Pengaruh Beauty Influencer TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline New York (Studi pada Penonton Video TikTok Laura Siburian).

Prawira Samudra, J., Liang, W., Ladi, S., Gajah Mada, J., Permai, B., & Riau, K. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. In KOMUNIKOLOGI: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial (Vol. 5, Issue 1).

Ramadhani, F. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Pengetahuan Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Studi Banding Pelembab Wajah Olay Dan Pelembab Wajah Pond's.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Thamrin, A. (2013). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Usnan, Markuflis, M., & Efrina. (2024). Influencer Review Terhadap Minat Beli di platform TikTok: Moderasi Brand Image Poduk Ms Glow.

Wisnubrata. (2021, May 2). "Apa Saja Tren Produk Perawatan Tubuh dan Kosmetik Tahun Ini?" Kompas.Com. https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/05/182704520/apa-saja-tren-produk-perawatan-tubuh-dan-kosmetik-tahun-ini?page=all&lgn_method=google.

Zahrin, daniarti. (2021, August 13). "Jangan Salah Pilih! 5 Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak." IDN TIMES. https://www.idntimes.com/health/medical/da-nia/kandungan-skincare-untuk-kulit-berminyak-c1c2.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v7i3.30054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo