PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS MIXUE KARYA WISATA MEDAN)

Nurul Hayati Panjaitan, Muhammad Arif, Budi Dharma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel moderating di Mixue Karya Wisata Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Mixue Karya Wisata Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Kemudian data primer yang diperoleh diolah melalui Software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa product, place, promotion, people, tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Price, process dan physical evidence berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Bauran pemasaran (marketing mix) 7P secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan mampu memoderasi pengaruh bauran pemasaran (7P) terhadap loyalitas pelanggan.

Keywords


Bauran Pemasaran; Loyalitas Pelanggan; Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Andini, I., Kusmilawaty, K., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Harga, Produktivitas dan Tingkat Konsumsi terhadap Kesejahteraan Petani Sawit di Desa Tanjung Medan. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 683–698. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.4780

Ariningtyas, E., & Rachmawati K, I. A. K. (2020). Menguji Pengaruh Keragaman Menu, Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Wedangan Jimboeng. Excellent, 7(1), 115–123. https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.670

Budi Dharma, Lia Purnama Sari, & Zahrina Ghaisany Pulungan. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 216–225. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.942

Budiyarto. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Alpukat (Persea americana) Kocok (Suatau Kasus pada Konsumen Alpukat Kocok Pak Kumis di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat). Universitas Winaya Mukti.

Devina, A., & Yanuar. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 307–317.

Dhita, S. G., Mukson, & Setiadi, A. (2022). Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Produk Olahan Kopi Espresso Di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 6(1), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.01.17

Dwinanda, G., & Yuswari, N. (2020). Bauran Pemasaran 7P Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management, 6(1), 120–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.120%0Ahttps://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai

Ezra, G. R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Laundry Sepatu Youth Clean Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat, T., & Supratikta, ; Hadi. (2023). Business Development Strategy of Mixue Using Swot Analysis (A Case Study At PT Zhisheng Pacific Trading). Indonesian Development of Economics and Administration Journal, 1(3), 187–195.

Husnah, A. (2023). Pengaruh Harga, Cita Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mixue Ice Cream & Tea (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kasih, A. T., Dewi, N. A. S., Budiyati, K., Damayanti, A. P., & Khasanah, V. F. (2023). 2022_Pengaruh Kemasan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Mixue. Green Economy Strategi Menghadapi Krisis Global 2023, 1, 1–16.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish Publisher.

Larasati, I. D. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME).

Maimunah, & Suji’ah, U. (2023). Bauran Pemasaran 7P Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasaan Pelanggan Rumah Makan Mr. Teto Pusat, Perintis Kemerdekaan, Kota Yogyakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 179–194. https://doi.org/10.2307/2695448

Nurhayaty, M. (2022). Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7P Di Pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 8(2), 119–127. https://doi.org/10.25157/jmt.v8i2.2669

Pasaribu, A. F., Fadhila Rahma, T. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Content Marketing , Viral Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada Mahasiswa. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 10(2), 81–93. https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i2.4432

Prestasyawati, R. M., Ferichani, M., & Setyowati, N. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Konsumen di Cold n’ Brew. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(2), 125–131. https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i2.20757

Putri, A., & Arif, M. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(1), 194–208.

Putri Ulfa, Syariefful Ikhwan, & Dwi Harini. (2022). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Menggunakan Analisis Swot Olahan Bawang Merah Pada PT. Sinergi Brebes Inovatif. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 346–357. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i2.870

Rahhadiski, J. D. (2020). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Coffeeshop Koplo di Jakarta Utara. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rahmadany, P., Nurbaiti, N., & Nasution, J. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mahasiswa UINSU Dalam Menentukan Produk Perawatan Wajah (Skincare). Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(3), 38–52.

Sakinah, L. N., Nasution, M. I. P., & Harahap, M. I. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pra, Masa, dan Pasca Covid-19. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(2), 301–318. https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i2.11878

Simbolon, S. I., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Usaha Kuliner Tripang Garo Uje Desa Kawiley Kabupaten Minahasa Utara. Productivity, 3(2), 151–156. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/productivity/article/view/38675

Siregar, L. A. N. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Zoya Cabang Medan dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderating. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Tasya Yustika Putri, Tuti Anggraini, & Rahmat Daim Harahap. (2023). Analisis Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 11P Pada UMKM Tenis (Teh Nikmat Sidamanik). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 37–48. https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12915

Tobing, T. A., Nurmalina, R., & Jahroh, S. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Waroeng Hotplate Odon Bogor. Jurnal Agribisnis Indonesia, 9(1), 43–54. https://doi.org/10.29244/jai.2021.9.1.43-54

Wijaya, C. A., & Pratomo, A. W. (2021). Pengaruh Bukti Fisik, Suasana Ruangan, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Warunk Upnormal Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.37641/jipkes.v2i1.585




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v8i1.32009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo